Fakta Unik Suku Boti, Suku Asli yang Mendiami Pulau Timor NTT

Fakta Unik Suku Boti, Suku Asli yang Mendiami Pulau Timor NTT

Indonesia adalah negara dengan salah satu keunikan yang jarang dimiliki negara lain. Yaitu memiliki suku bangsa yang sangat banyak jumlahnya. Tak hanya suku besar seperti Jawa, Batak, Dayak, atau Melayu, terdapat pula suku-suku minor yang tersebar di sepanjang Nusantara.

Salah satu suku minor adalah Suku Boti yang mendiami Pulau Timor, NTT. Suku yang masih asli ini dianggap memiliki keunikan yang khusus jika dibandingkan dengan suku-suku lainnya. Daripada panjang lebar, yuk simak fakta unuk dari Suku Boti ini gengs.

1. Suku Boti masih menganut kepercayaan animisme

1. Suku Boti masih menganut kepercayaan animisme Fakta unik Suku Boti, suku asli pulau Timor NTT (detik.net)

Suku Boti menyembah Mama penguasa alam dunia bernama Uis Pah dan Bapa penguasa alam baka bernama Uis Neno. Uis Pah sebagai ibu yang menjaga, mengawasi, dan mengatur manusia dan alam semesta. Sementara Uis Neno sebagai bapak yang akan menentukan seseorang akan masuk surga atau neraka berdasarkan perbuatannya semasa hidup.

2. Satu minggu di desa Boti terdiri dari sembilan hari

2. Satu minggu di desa Boti terdiri dari sembilan hari Fakta unik Suku Boti, suku asli pulau Timor NTT (mochilerosentailandia.com)

Keunikan lain dari suku Boti adalah mereka memiliki kalender sendiri yang terdiri dari 9 hari. Masing-masing nama hari menyimpan filosofi masing-masing.

Kesembilan hari tersebut, yaitu neon ai (hari api), neon oe (hari air), neon besi (hari besi), neon uis pah ma uis neno (hari dewa bumi dan dewa langit), neon suli (hari perselisihan), neon masikat (hari berebutan), neon naek (hari besar), neon liana (hari anak-anak), dan neon tokos (hari istirahat). Wah, betul-betul unik, ya?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"