Kebakaran Gereja Notre-Dame bikin geger dunia. Gereja warisan dunia ini, selain menyimpan banyak nilai sejarah, juga memiliki keindahan lho, berikut ulasannya...

Gereja yang ditetapkan menjadi Warisan Budaya Dunia oleh Unesco pada 1991 ini, mengalami kebakaran dan menimbulkan duka yang dalam bagi warga Paris, masyarakat Prancis bahkan masyarakat di seluruh dunia.

Kebakaran ini terjadi pada hari Senin (15/4/2019) pukul 18.30 waktu setempat. Tak ada yang menyangka, gereja yang sudah berumur 850 tahun ini terlahap si jago merah.

Gereja yang memiliki arsitektur memesona ini, kerap menjadi sorotan masyarakat di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Katedral Notre Dame:

1. Menara seolah kembar yang menjulang

1. Menara seolah kembar yang menjulang Menara kembar Notre-Dame (telemundowashingtondc.com)

Kalo kamu Note Dame hanya dari fotonya, ada hanya melihat sekilas. Mungkin, kamu akan mengira kalo gereja ini memiliki menara yang kembar.  Memang, Notre Dame memiliki dua menara yang sangat identik antara satu sama lain. 

Namun, menara ini sebenarnya bukanlah menara kembar lho gengs. Kalo kamu merhatiin dengan seksama, menara pada bagian utara memiliki ukuran yang lebih besar dari pada yang ada di bagian selatan.

2. Dibangun tahun 1163 dan menjadi saksi bisu Revolusi Prancis

2. Dibangun tahun 1163 dan menjadi saksi bisu Revolusi Prancis Gereja Notre Dame dibangun 857 tahun yang lalu (medcom.id)

Katedral Notre Dame mulai dibangun pada tahun 1163, yaitu ditandai dengan peletakan batu pertama pada masa pemerintahan Raja Louise VII. 

Pada masa tersebut, Paris tengah tumbuh sebagai pusat ekonomi dan pusat politik kerajaan. Selain itu, Katedral Notre Dame yang juga disebut juga Our Lady of Paris ini, menjadi saksi bisu Revolusi Perancis yangterjadi pada tahun 1789, sampai datangnya Nazi pada Perang Dunia II. Benar-benar Katedral Notre Dame memiliki nilai sejarah yang tak ternilai.

3. Gaya arsitektur yang unik

3. Gaya arsitektur yang unik Gothic pada gereja Notre Dame (pixels.com)

Dilihat dari kejauhan saja, gereja ini memiliki magic dan daya tarik bagi yang melihatnya. Gereja Notre Dame ini juga memiliki desain Gothic. Menjadikan gereja ini, memelopor sebuah gaya arsitektur yang unik.

Sedangkan pada bangunan gereja, ia ditopang oleh penyangga pada bagian kanan dan kirinya. Hal tersebut membuat Notre Dame menjadi bangunan yang seolah terbang. Keren banget kan?

4. Lonceng gereja pernah dijadikan senjata

Saat mengalami Revolusi Prancis, ada sekitar 20 lonceng yang dimiliki Katedral Notre Dame untuk dijadikan alat persenjaataan. 

Lonceng-lonceng dilelehkan lalu dibuat menjadi peluru meriam. Saat itu, hampir semua lonceng dibuat senjata, namun ada satu lonceng yang tak dijadikan, yaitu lonceng yang bernama Emmanuel. Lonceng Emmanuel adalah lonceng terbesar Notre Dame, ia biasa dikenal sebagai Buordon.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang gereja Notre Dame yang harus kamu tau gengs. Semoga Katedral Notre Dame, segera pulih. Dan peninggalan-peninggalan penuh nilai sejarah, bisa terselamatkan.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations