Catat, Ya! Ini 6 Tips Menghemat Uang Selama Traveling

Catat, Ya! Ini 6 Tips Menghemat Uang Selama Traveling

Siapa nih yang kepengin liburan tapi selalu kepikiran "nanti bakalan boros enggak, ya"? "Duit bakalan habis nggak ya"? Tenang, ada beberapa tips berhemat uang selama traveling, kok! 

Meski tidak mengeluarkan banyak uang, tapi perjalanan liburan kamu bisa tetap seru dan menyenangkan. 

Apa aja tipsnya? Berikut ini enam tips menghemat uang selama traveling yang bisa kamu terapkan:

1. Masak Lebih Banyak

Tips pertama menghemat pengeluaran saat traveling adalah memasak. Kamu harus bijak saat berlibur dengan memasak lebih banyak daripada harus pergi ke restoran untuk setiap kali makan. Sebab, biaya untuk makan di restoran menempati bagian yang paling mahal dibandingkan pengeluaran lainnya, lho.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan supermarket terdekat tempat penginapan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli bahan-bahan lokal seperti yang dilakukan penduduk lain di tempat berlibur kamu.

Ilustrasi Tips Menghemat Uang Selama Traveling (Uprint.id)

2. Hindari bepergian saat Tahun Baru

Kamu mungkin pernah mendengar istilah 'high season'. Ya, high season adalah musim liburan yang lebih ramai dibandingkan low season karena biasanya musim ini bertepatan dengan liburan anak sekolah di Indonesia dan tepat pada musim liburan dingin di luar negeri. Akan lebih baik jika kamu menghindarinya.

Pasalnya, kemungkinan besar sebagian tempat akan menaikkan harga di musim liburan. Tentunya mereka ingin meraup keuntungan yang lebih banyak karena para turis kerap berdatangan pada waktu ini.

Kalau kamu membandingkan harga di musim liburan dan hari biasa, kamu akan menemukan perbedaan yang sangat besar. Bahkan, kamu bisa mendapatkan hotel dan tiket pesawat dengan harga diskon.

3. Pilih Tempat Menginap yang Hemat

Tips berikutnya adalah menginap di hostel. Hampir semua kota besar memiliki banyak sekali hostel yang harganya relatif lebih murah dibandingkan hotel premium. Tentu saja biaya pengeluaranmu akan jauh lebih hemat.

Nggak cuma untuk efisiensi biaya, tapi kamu juga bisa bertemu traveler lainnya di hostel. Pengalamanmu pastinya akan lebih seru dibandingkan berdiam diri di hotel premium tanpa kenalan baru, kan?

4. Jangan Kalap Saat Berbelanja

Tips selanjutnya adalah belanja sesedikit mungkin. Biasanya, orang akan memiliki kecenderungan berbelanja saat berada di tempat baru. Nah, sebagai smart traveler, belilah barang sesedikit mungkin dan fokus menabung untuk mendapatkan pengalaman unik kala berlibur.

Cobalah untuk mengumpulkan lebih banyak kenangan daripada item. Kamu harus mengambil gambar sebanyak mungkin dan fokus menghemat uang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"