Bingung Habiskan Waktu Saat Libur Lebaran? Nikmati 5 Wisata Alam di Gunung Kidul yang Memesona Ini

Bingung Habiskan Waktu Saat Libur Lebaran? Nikmati 5 Wisata Alam di Gunung Kidul yang Memesona Ini

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten tersebut menyimpan kekayaan alam yang amat indah. Gunung Kidul sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya gunung selatan. Wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan terdapat garis pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia. Dari letak geografis yang beragam ini, nggak heran kalau Gunung Kidul memiliki pemandangan alam yang sangat memesona.

Untuk menuju ke Gunung Kidul, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Berbagai wisata alam bisa kamu nikmati di sini, seperti pegunungan, gua, telaga, air terjun, pantai, dll. Dari sekian banyak wisata alam yang ada di Gunung Kidul, inilah 5 tempat paling memesona yang wajib kamu kunjungi!

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Nikmati 5 Wisata Alam di Gunung Kidul yang Memesona, Gunung Api Purba Nglanggeran (Liputan6.com)

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di ketinggian 700 mdpl. Berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Gunung ini dulunya merupakan gunung berapi aktif yang sudah terbentuk sejak 60-70 juta tahun yang lalu. Menariknya, gunung ini awalnya berada di dasar laut yang kemudian menjadi daratan.

Biasanya para wisatawan datang ke sini untuk menikmati momen sunrise di pagi hari atau sunset di sore hari. Untuk sampai di lokasi, kamu perlu mendaki sekitar 60 menit. Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bebatuan besar yang menjulang tinggi. Medannya juga cukup menantang, kamu perlu melewati jalan tanah dan lorong bebatuan yang sempit. Jika ingin menginap, di sana juga terdapat camping ground yang lokasinya sangat strategis.

2. Pantai Slili

 

Pantai Slili Berlokasi di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Di Pantai ini kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai dan pasir putihnya yang halus. Pantai ini menjadi pembatas antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai Slili sendiri berasal dari kata 'mili' yang dalam bahasa Jawa artinya mengalir. Di mana ditemukan gua di dinding batu karang yang di dalamnya terdapat mata air sehingga pantai ini disebut Slili.

Dibandingkan dengan pantai lain di sekitar Gunung Kidul, Pantai Slili memiliki garis pantai yang cukup pendek, namun relatif tenang dan sepi. Di sini terdapat gazebo yang bisa disewa dengan harga sekitar 30 ribu rupiah. Selain bersantai, kamu juga bisa mencoba snorkeling sambil menikmati keindahan biota laut dengan merogoh kocek sekitar 50 ribu rupiah.

3. Air Terjun Luweng Sampang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"