Bendungan-Bendungan Terbesar di Dunia, Keren dan Menarik!

Bendungan-Bendungan Terbesar di Dunia, Keren dan Menarik!

Seperti apa bendungan-bendungan terbesar di dunia? Simak deretannya berikut ini.

Bendungan adalah sumber air bagi kehidupan manusia selain danau, sungai, dan laut. Kalian pasti tau kalo air adalah hal penting karena berhubungan sama keberlangsungan hidup manusia.

Kalo nggak ada air, makhluk hidup nggak bakal bisa bertahan hidup. Setiap hari aja, kita butuh minum air paling nggak 8 gelas.

Bendungan sendiri sengaja dibuat manusia dan memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan. Beberapa di antaranya adalah untuk mengairi lahan persawahan, hingga rekreasi.

Terus kayak apa sih bendungan terbesar di dunia? Yuk simak deretannya berikut ini.

1. Tarbela Dam

1. Tarbela Dam tarbela dam (dawn.com)

Tarbela Dam adalah bendungan di Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Bendungan ini selesai dibangun pada tahun 1976 dan dirancang untuk menyimpan air dari Sungai Indus untuk irigasi, pengendalian banjir, serta pembangkit listrik tenaga air.

Tinggi bendungan adalah 143 meter di atas dasar sungai. Bendungan ini termasuk yang terbesar di dunia.

2. Ataturk Dam

2. Ataturk Dam Ataturk Dam (Dailysabah.com)

Ataturk Dam atau bendungan Ataturk membendung Sungai Eufrat di perbatasan antara Provinsi Adıyaman dan Provinsi Şanlıurfa di Anatolia Tenggara, Turki. Salah satu bendungan terbesar di dunia ini dibangun untuk jadi pembangkit listrik dan penyedia irigasi bagi lahan pertanian disekitarnya.

Konon, bendungan ini dinamakan menurut nama pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Pembangunan Ataturk Dam dimulai pada tahun 1983 dan selesai pada tahun 1990.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"