Baru Pertama Kali Pergi Naik Kapal Ferry? Ikutin Tips Ini Biar Nyaman Dan Nggak Mabuk Laut

Baru Pertama Kali Pergi Naik Kapal Ferry? Ikutin Tips Ini Biar Nyaman Dan Nggak Mabuk Laut

Buat nambah pengalaman jalan-jalan, cobain deh bepergian naik kapal ferry. Sesekali, kamu bisa nyobain nyebrang pulau naik kapal. 

Meskipun jadi lebih lama dibanding naik pesawat,  itung-itung biar tau aja gimana rasanya aja deh. Lagian, biaya naik kapal juga biasanya lebih terjangkau. Bisa sekalian liburan ngirit juga, kan? 

Enaknya lagi kalau naik kapal itu kamu bisa bawa kendaraan sendiri. Jadi tinggal masuk ke kapal barengan kendaraanmu. Terus selama di tempat tujuan pun bisa langsung jalan-jalan dengan kendaraan pribadi. 

Tapi buat yang nggak bawa kendaraan pribadi juga aksesnya nggak susah kok buat naik kapal. Soalnya banyak juga bus antar pulau yang masuk kapal. Bisa juga naik bus yang nganterin kamu ke pelabuhan, dan lanjut lagi dari pelabuhan ke tempat tujuan. 

Buat yang baru pertama kali mau naik kapal ferry, ikutin tips berikut ini ya biar perjalanan kamu bisa nyaman dan terbebas dari mabuk laut. 

Bagian dalam kapal ferry (youtube.com)

Berangkat pagi atau siang 

Lebih enak naik kapal tuh pagi atau siang. Kalo cuaca lagi kurang bersahabat, pergi malem kayaknya lebih bikin deg-degan. Enaknya lagi kalau jalan masih siang, kamu bisa nikmatin perjalanan sambil  sesekali liat pemandangan di laut lepas. 

Pilih posisi duduk yang nyaman

Buat yang bawa mobil, pastikan kamu nggak diem di kendaraan selama perjalanan ya. Soalnya, tempat parkir di kapal itu agak pengap dan nggak nyaman. Lagian, tempat duduk di dalam kapal juga cukup nyaman kok. 

Kalau bosan, kamu bisa pindah duduk di area luar. Tapi kalau gampang masuk angin dan pengen istirahat yang enak, mendingan di dalam aja bisa duduk manis tanpa kena angin. Biar nggak mual, kamu bisa duduk di tengah-tengah dan posisinya menghadap arah laju kapal.

Kamar di dalam kapal buat istirahat (northlinkferries.co.uk)

Jaga barang bawaan 

Sama kayak naik kendaraan umum lainnya, kamu juga wajib menjaga barang-barang pribadi ya. Jangan kebanyakan bawa tentengan, mending semuanya disimpan dalam ransel, tas besar atau koper. Biar nggak ada jinjingan kecil-kecil yang ketinggalan dan bikin kamu ribet sendiri. 

Buat yang bawa mobil, mending barang-barangnya disimpan aja. Ke atas kapal cukup bawa barang seperlunya yang kira-kira bakalan dibutuhin selama perjalanan kayak handphone, dompet, powerbank, makanan, dan obat. 

Bawa makanan dan obat 

Yup, jangan lupa bawa makanan dan obat. Kalau emang belum sempat makan, kamu juga bisa makan di kapal. Pilih makanan yang gampang aja kayak roti, burger, kue-kue, atau nasi goreng. Jangan makan nasi padang karena ribet! 

Bawa juga yang seger-seger misalnya permen yang rasanya asem atau minuman rasa buah biar nggak mual. Plus, bawa obat-obatan kayak minyak kayu putih, minyak angin, obat biar nggak masuk angin, dan obat yang bikin kamu bisa cepet tidur. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"