Sudah pernah menyaksikan fenomena api biru Kawah Ijen?

Indonesia memiliki banyak banget destinasi wisata yang bikin orang luar negri ngiler. Apalagi soal gunungnya, waduh keren banget.

Pasalnya, Indonesia punya banyak gunung api dengan pemandangan yang gak ada duanya. Apalagi Gunung ijen yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Emang sih gak se-famous gunung Rinjani, Bromo, dan Mahameru. Namun yang bikin istimewa ya api biru Kawah Ijennya gengs.

Api biru (genpi.co)

Yup... Bener banget, Gunung Ijen punya fenomena langka yaitu Blue Fire alias api yang berwarna biru.

Gunung ini punya kawah terbesar di pulau Jawa, katanya sih terakhir kali erupsi pada tahun 1936. Wow dah lama banget!

Fenomena api biru Kawah Ijen sendiri merupakan reaksi gas bumi saat bertemu dengan oksigen pada tingkatan tertentu. 

Yang hasilnya dari reaksi ini kelehatan seperti api berwarna biru. Karena keindahanya, Gunung Ijen jadi salah satu destinasi yang rajin dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negri.

Ketinggian gunung ini sekitar 2.443 mdpl dan kemiringanya 40 derajat, jadi kalian bisa mendakinya selama dua sampai tiga jam.

Api biru Kawah Ijen (pesona.travel)

Rasanya gak masalah ya mendaki malam-malam demi menyaksikan fenomena api biru Kawah Ijen gengs. Soalnya fenomena ini cuma ada pada jam 02.00-04.00 WIB gengs.

Menurut para peneliti, fenomena ini kemungkinan sudah terjadi sejak ratusan tahun yang lalu gengs. 

Hanya saja api biru Kawah Ijen baru saja ditemukan pada tahun 1950 oleh penambang yang kerja di gunung ini dan baru diekspose 2014 lalu.

Kobaran api biru yang muncul dari kawah gunung ini menjadi fenomena yang menarik dan langka di dunia.

Selain api biru Kawah Ijen, Sebenarnya ada juga di Islandia gengs. Dan tercatat hanya ada dua di dunia fenomena unik ini, mantap ya!

Jadi kalian dapet dua momen berharga kalau ke sini gengs, bisa dapat moment api biru Kawah Ijen dan sunrise yang gak kalah menarik indahnya dari puncak gunung.

Kawah Ijen (1001indonesia.net)

Namun kalian perlu hati-hati dalam mendaki gunung ini ya gengs. Karena kawah ini kedalamanya 200 meter dan mengandung kadar asam yang tinggi.

Asam tinggi dari Gunung Ijen ini bisa melarutkan tubuh manusia dengan mudah, jadi jangan kesana pas musim ujan ya.

Nah jadi begitulah cerita tentang fenomena api biru Kawah Ijen yang hanya ada dua di dunia. Gimana? Tertarik pergi ke sana?

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations