7 Fakta Bumi yang Gak Kamu Pelajari di Sekolah, Gunung Tertinggi Bukan Everest

7 Fakta Bumi yang Gak Kamu Pelajari di Sekolah, Gunung Tertinggi Bukan Everest

Banyak hal tentang bumi yang belum kita tahu. Misteri tentang tempat yang kita tinggali masih banyak. Penghuninya juga masih ada aja yang belum teridentifikasi. Dikutip dari Rd.com berikut ini 7 fakta soal bumi yang gak kamu pelajari di Sekolah.

1. Pegunungan terpanjang di dunia ada di bawah laut

Mid-Ocean Ridge (clarkscience8.weebly.com)

Banyak hal yang tersebunyi di lautan. Pegunungan terpanjang di dunia sebenarnya berada di bawah laut. Namanya Mid-Ocean Ridge, membentang lebih dari 40.000 mil. Di tengah-tengah Atlantik, melalui Samudera Hindia, dan kembali melalui Pasifik, di sepanjang pantai barat Amerika.

Bandingkan dengan Andes, pegunungan kontinental terpanjang, yang hanya 4.350 mil. Mid-Ocean Ridge adalah untaian gunung berapi bawah laut yang terletak di sepanjang titik pertemuan lempeng tektonik bumi.

2. Gunung tertinggi di dunia

Kalau membahas gunung tertinggi pasti tertuju ke gunung Everest di Himalaya. Tingginya lebih dari 29.000 kaki di atas permukaan laut. Tapi kalau menyertakan gunung yang tidak sepenuhnya di atas permukaan laut, Mauna Kea Hawaii adalah pemenangnya.

Hanya 13.706 kaki tingginya di atas air, tetapi jika dihitung tingginya mulai dari pangkalannya di dasar Samudra Pasifik, Mauna Kea tingginya 30.610 kaki, mengalahkan Everest sekitar 1.640 kaki. 

Everest dibentuk oleh tabrakan dua lempeng tektonik (dan masih tumbuh lebih tinggi), Mauna Kea berkembang karena aktivitas vulkanik yang membentuk Kepulauan Hawaii.

3. Daratan Australia yang melayang

Daratan Australia (sciencemag.org)

Daratan Australia bergerak sangat cepat sehingga membutuhkan pembaruan untuk peta dan sistem GPS cukup teratur. Bergerak hampir 5 kaki antara tahun 1994 dan 2016, menurut National Geographic. 

Geolog Christopher Scotese di Northwestern University mengatakan kepada BBC bahwa dalam sekitar 50 juta tahun, Australia akan bertabrakan dengan Asia Tenggara.

Dalam sekitar 250 juta tahun, semua benua dapat bergabung menjadi satu super-benua lagi, seperti Pangaea.

4. Supervolcano Yellowstone

Salah satu fakta tentang Bumi yang mungkin tidak kamu ketahui adalah bahwa hanya pada tahun 1960-an para ahli geologi menyadari depresi selebar 44 mil di tanah di Taman Nasional Yellowstone adalah kaldera vulkanik.

Alih-alih aliran lava yang membentuk gunung, seperti Mauna Kea di Hawaii dan Gunung St. Helens di negara bagian Washington, letusan di Yellowstone adalah ledakan besar yang benar-benar menyebabkan gunung dan topografi lainnya runtuh.

Gunung berapi ini masih aktif di bawahnya yang menyulut geyser dan mata air panas. Tetapi letusan besar terakhir adalah sekitar 630.000 tahun yang lalu.

5. Hutan Wuda kuno



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"