6 Istana Kepresidenan Termegah dan Unik di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia!

6 Istana Kepresidenan Termegah dan Unik di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia!

Hampir setiap negara di dunia memiliki istana kepresidenan untuk para pemimpin negaranya. Sebab, pemimpin negara adalah orang nomor satu di negara tersebut, yang tentu saja rumah atau bahkan kantor resminya harus melambangkan kewibawaan suatu negara. Itulah alasan, mengapa banyak istana kepresidenan yang dibuat semegah dan semewah mungkin. Apalagi istana kepresidenan ini sering dipakai untuk menjamu para tamu kenegaraan yang berasal dari negara lain.  

Nggak jarang, mayoritas dari istana negara ini dibangun seindah mungkin sebagai simbol kenegaraan. Bukan hanya bangunan biasa saja, istana kepresidenan di beberapa negara di dunia juga dibangun dengan desain yang sangat ikonik, kokoh, fungsional, dan juga menarik secara estetik. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah istana kepresidenan dengan desain unik dan ikonik yang harus kamu ketahui. Salah satunya ada di negara kita, lho. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!

 

1. Grand Kremlin Palace, Rusia

Grand Kremlin Palace, Rusia (Russia Beyond)

Grand Kremlin Palace adalah salah satu istana kepresidenan unik yang dimiliki oleh Rusia. Istana ini berada di Moskow yang merupakan jantung ibu kota negara Rusia. Selain menjadi bangunan yang sangat mewah dan megah, Grand Kremlin Palace ini juga menjadi bangunan bersejarah. Bahkan, bangunan ini juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.  

Istana negara yang satu ini dibangun mulai tahun 1837 sampai 1849. Rirancang oleh seorang seniman ternama di Rusia yang bernama N Chichagov, V Bakharev, N Shokhin, P Gerasimov, dan F Solntsev, bangunan ini berdiri di lahan seluas 25.000 meter persegi dengan panjang mencapai 125 meter dan tinggi 47 meter. Di dalam bangunan ini terdapat 700 kamar, ruangan super mewah yang terdiri dari beberapa aula megah.  

Beberapa di antaranya adalah Georgievsky Hall, Catherine Hall, Vladimirsky Hall, Conference Room, dan the Faceted Chamber. Kompleks pemerintahan Rusia ini pada awalnya adalah tempat tinggal para Tsar atau bangsawan Rusia. Namun sekarang, bangunan ini menjadi kantor dari Presiden Vladimir Putin. Tampilan eksterior bangunan ini masih mengusung dekorasi lama sekira abad ke-17.

2. Rashtrapati Bhavan, India

Rashtrapati Bhavan adalah istana kepresidenan India yang berada di ujung barat Rajpath, New Delhi. Bangunan megah ini sudah berdiri sejak tahun 1929 dan dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Edwin Landseer Lutyens. Bangunan ini berdiri dengan empat lantai dan terdiri dari 340 ruangan. Luasnya mencapai 18 ribu meter persegi dengan memakai 700 juta batu bata.

 

Rashtrapati Bhavan ini dibangun dalam dua warna batu pasir dan mencerminkan perpaduan antara gaya arsitektur Mughal dan Eropa Klasik. Aspek yang paling menonjol dan membedakan bangunan ini adalah kubah besar yang terstruktur dengan pola stupa besar. Kubah itu tampak dari kejauhan mempunyai tiang tiang panjang yang menambah kesan kemegahan bangunan.  

3. Istana Negara Ak Orda, Kazakhstan

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"