5 Tempat Wisata Keren di Penajam Paser Utara yang Harus Kalian Kunjungi

5 Tempat Wisata Keren di Penajam Paser Utara yang Harus Kalian Kunjungi

Penajam Paser Utara diumumkan secara resmi sebagai ibu kota Indonesia yang akan gantiin Jakarta. Kayak apa sih tempat-tempat wisata di sana?

Wah, nggak nyangka ya, ibu kota Indonesia yang baru salah satunya ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Keputusan ini udah ditetapkan Presiden Jokowi pada Senin (26/8) kemarin.

Pastinya dong kalian penasaran, kayak apa sih wilayah Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur ini? Biar dapet gambarannya, inilah beberapa tempat wisata di sana yang keren dan recommended buat dikunjungi.

1. Air Terjun Tembinus

1. Air Terjun Tembinus Air Terjun Tembinus (Instagram @adrianuswarta)

Air terjun ini adalah salah satu tempat wisata terindah di Penajam Paser Utara. Lokasinya ada di Kecamatan Sepaku. Letaknya berada di wilayah Hak Guna Usaha PT. ITCI Hutani Manunggal. 

Tempat ini udah sering dikunjungi orang-orang. Kalian butuh kira-kira 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupajen Penajam Paser Utara (PPU).

Melansir dari Kompas.com, pengunjung cuma dibolehin di sana sampai pukul 16.00 sore. Sementara itu, waktu yang bagus buat ke sini adalah saat siang dan cerah. Hal ini agar kondisi jalannya nggak licin kita nggak terpeleset.

2. Penangkaran Rusa

2. Penangkaran Rusa Penangkaran rusa (pinterest)

Di Penajam Paser Utara juga ada penangkaran rusa loh. Tiket masuknya juga terjangkau, sekitar Rp 2000 aja saat hari kerja.

Saat weekend harganya Rp 5000. Ada ratusan anak rusa dengan berbagai jenis di tempat ini. Kalian juga bisa ngasih makan rusa-rusanya.

3. Ekowisata Mangrove

3. Ekowisata Mangrove Ekowisata Mangrove Penajam (Instagram @seputarkaltim)

Tempat wisata ini terletak di Keluarahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Nggak ada biaya tiket masuk di sini sehingga kalian bisa masuk dan bebas mengambil foto di ekowisata ini. 

Ada banyak spot menarik di sini, salah satunya adalah jembatan yang dikelilingin pohon mangrove. Nggak cuma itu aja, kalian bisa melihat hewan yang ada di sekitar ekowisata. 

Selain itu, ada banyak penjual makanan dan minuam yang jualan di pintu masuk Ekowisata Mangrove Penajam. Es kelapa muda adalah salah satu minuman yang paling banyak dijual.

4. Taman Bunga Rozeline

4. Taman Bunga Rozeline (Instagram @putunembahseger)

Taman bunga Rozeline dibangun dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Kalian bisa ngunjungin taman ini kapan aja dan bebas ngambil foto tanpa dikenakan biaya tiket masuk.

Di sana ada taman bermain dan gazebo. Kalian juga bisa menikmati pepohonan, jembatan indah, dan danau di tengah taman. Dijamin bisa buat tempat refreshing.

5. Pantai Nipah Nipah

5. Pantai Nipah Nipah Pantai Nipah Nipah (Instagram @triansbibo)

Hampir seluruh wilayah di Pejaman Paser Utara dikelilingi laut. Makanya, kalian bisa menemukan pantai dengan mudah di sana. Salah satu pantai yang indah adalah Pantai Nipah Nipah.

Pengunjung tinggal membayar biaya karcis dan parkir. Lokasinya juga nggak jauh kok dari pusat kota. Sekitar 6 - 7 kilometer dari kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Tajem.

Lokasinya juga nggak jauh sama ekowisata Mangrove. Jadi, kita bisa sekalian mengunjungi dua tempat wisata ini. 

Itulah 5 tempat wisata di Penajam Paser Utara yang wajib kalian kunjungi. Dijamin liburan kalian nggak akan sia-sia karena tempat-tempatnya keren abis.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"