5 Pertimbangan yang Harus Kamu Pikirin Sebelum Membeli Koper

5 Pertimbangan yang Harus Kamu Pikirin Sebelum Membeli Koper

Sebelum beli koper buat traveling, mending pertimbangkan 5 hal ini dulu yuk biar nggak salah beli.

Traveling pakai koper memang terbilang lebih nyaman karena kamu nggak harus berat bawa-bawa ransel. Barang-barang kayak baju pun bisa jadi lebih rapi saat disimpan di dalam koper.

Nah, kalau saat ini kamu lagi pengen beli koper, ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan biar nggak sampai salah beli terus ujung-ujungnya jadi nggak kepake atau nggak tahan lama. Ingat kalau harga koper nggak murah, jadi kamu harus menemukan satu yang memang bagus dan bisa tahan lama.

Koper aneka ukuran (hypebae.com)

Kebiasaan traveling memengaruhi ukuran 

Ingat lagi biasanya berapa lama sih kamu traveling? Beberapa hari? Seminggu? Atau lebih? Selanjutnya, apakah kamu terbiasa membawa banyak barang dari rumah? Hobi belanja? Soalnya, kebiasaan ini bisa membantu kamu menentukan ukuran koper. 

Kalau kamu orang yang suka bawa barang secukupnya dan belanja secukupnya, ditambah perjalanan yang hanya akhir pekan, koper ukuran kabin mungkin akan pas. Tapi, kamu bisa ikutin panduan memilih ukuran koper berikut ini: 

● 18 inci sampai 20 inci cocok untuk pergi selama satu sampai dua hari
● 23 inci sampai 24 inci untuk pergi tiga sampai lima hari
● 25 inci sampai 27 inci untuk melancong 5 hingga 7 hari
● 28 inci sampai 32 inci untuk Anda yang akan bepergian lebih dari seminggu

Koper roda empat (travelpassionate.com)

Pilih roda dua atau empat

Mungkin kelihatan sepele ya, tapi bagian roda pada koper itu cukup penting lho soalnya bisa memengaruhi pergerakanmu. Koper roda dua bikin kamu gampang bermanuver waktu jalan di permukaan yang nggak rata. Tapi koper roda empat bisa jadi lebih nyaman karena bisa kamu tarik dari segala arah. 

Pilihan material

Ya, material koper juga harus kamu pertimbangkan. Di pasaran, biasanya ada dua tipe koper yang populer, yaitu berbahan nylon yang lembut atau dari bahan plastik tebal. Enaknya kalau pakai koper bahan kain itu, nggak mudah lecet dan nggak rentan pecah. Sedangkan koper polycarbonate atau hardcase bisa membuat barang di dalam lebih aman, tapi rentan lecet dan pecah.

Rimowa x OffWhite (gq.com)

Memilih warna yang mencolok

Kalau baru mau beli koper, usahakan kamu mencari satu yang warnanya mencolok biar gampang diingat dan nggak akan ketuker sama punya orang lain. Alternatifnya sih kalau telanjur beli koper dengan warna standar adalah tambahkan aksesori yang unik, misalnya stiker, syal, atau lilitan tali biar gampang dikenali. 

Perhatikan keamanan koper

Selanjutnya, soal keamanan. Perhatikan bagaimana sistem keamananan koper yang mau kamu beli, apakah ada resleting dan gembok? Paling aman sih kamu pilih koper dengan gembok standar keamanan internasional  Travel Sentry Approved alias TSA Lock.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"