5 Destinasi Wisata di Yogyakarta Buat Kamu si Pencinta Alam

5 Destinasi Wisata di Yogyakarta Buat Kamu si Pencinta Alam

Liburan akhir tahun emang udah lewat, tapi nggak ada salahnya kalau kamu mau menyimpan list Destinasi Wisata di Yogyakarta ini terutama buat kamu si pecinta alam.

Popularitas Yogyakarta sebagai destinasi wisata memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Beragam jenis wisata mulai dari kuliner, budaya, sejarah, hingga alam tumpah ruah di kota ini. 

Destinasi wisata yang nggak asing bagi wisatawan ketika ke Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, atau Malioboro. Namun selain ketiga tempat itu, masih banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi, lho.

Kalau kamu salah satu pencinta alam, nggak ada salahnya untuk mampir ke destinasi wisata berikut ini yang ada di Yogyakarta. Selain menikmati alam, kalian juga dapat belajar sejarah sekaligus, lho. Yuk, simak rekomendasi lokasi wisata tersebut!

1. Goa Kiskendo Kulon Progo

5 Destinasi Wisata di Yogyakarta Buat Kamu si Pencinta Alam (Campatour)

Saat mengunjungi Kabupaten Kulon Progo, kamu harus mampir ke sebuah goa di Pegunungan Menoreh yang ada pada ketinggian 1200 mdpl yaitu Goa Kiskendo. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan goa yang khas dengan suasana pertapaan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa susur goa dan menikmati indahnya stalagtit atau stalagmit yang ada di dalam. 

Menariknya, goa ini mempunyai sepenggal mitos Ramayana yakni terdapat peperangan antara Kerajaan Kiskendo yang dipimpin oleh dua saudara raksasa berkepala sapi, Mahesasura dan Lembu Sura dengan dua saudara manusia kera, Subali dan Sugriwa untuk memperebutkan Dewi Tara. 

Diakhir cerita, Sugriwa mengira bahwa kakaknya yang bertarung di dalam goa telah gugur dan menutup goanya. Namun, dengan kesaktian Subali, ia mampu membuka goa itu hingga menembus 800 meter. Kamu bisa menikmati kisah ini dalam relief yang ada di luar goa dan menyaksikan teater seni di sekitar wisata ini.

Dari legenda di atas, masyarakat percaya bahwa panjang Goa Kiskendo merupakan jejak kesaktian Subali. Maka nggak heran kalau goa ini dianggap suci dan sakral. 

Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Harga tiket: Rp5 ribu per orang

Jam operasional: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB 

2. Candi Ijo



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"