5 Daerah Paling Dingin di Indonesia, Cuma Ada Satu di Pulau Jawa

5 Daerah Paling Dingin di Indonesia, Cuma Ada Satu di Pulau Jawa

Meskipun Indonesia dilewati garis khatulistiwa dan dikenal sebagai negara tropis, bukan berarti tak memiliki daerah yang memiliki suhu dingin. Bila kamu hendak mencari kesejukan bisa mendatangi tempat-tempat berikut ini. Jangan lupa siapkan banyak perlengkapan untuk menghangatkan badan, salah satunya baju hangat dan sarung tangan.

1. Mulia (Papua)

Mulia berada di ujung timur Indonesia, tepatnya di provinsi Papua. Mulia bisa jadi menjadi kota tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Mulia identik dengan pegununungan Jaya Wijaya yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia.

Konon pada malam hari kabarnya Mulia ini memiliki suhu hingga 9 derajat celsius. Pada beberapa waktu tertentu Mulia bisa berada di suhu titik beku dan bisa turun salju.

Daerah Mulia di Papua (Kompas.com)

2. Berastagi (Sumatera Utara)

Wilayah ini menjadi salah satu tempat terkenal di Sumatera Utara, selain Danau Toba. Kawasan ini berada di dataran tinggi Karo yang berdekatan dengan Gunung Sinabung. Berastagi berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

3. Ruteng (Nusa Tenggara Timur)

Kembali lagi ke wilayah timur Indonesia, kali ini menjelajahi daerah Ruteng di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ruteng disebut sebagai daerah Praha versi Indonesia karena berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

4. Batu (Jawa Timur)

Kota Batu yang berada di dekat Malang, Jawa Timur masuk daftar wilayah dingin di Indonesia. Bisa jadi Batu menjadi kota paling dingin di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 700 - 1700 meter di atas permukaan laut. Suhunya yang sejuk membuat Batu menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"