5 Cara Biar Nggak Kesepian Waktu Traveling Sendirian

5 Cara Biar Nggak Kesepian Waktu Traveling Sendirian

Yang namanya jalan-jalan sendirian memang rentan kesepian, tapi kamu harus ikut cara ini buat mengatasinya.

Belakangan ini, banyak traveler yang memilih untuk melakukan perjalanan solo alias sendirian. Buat yang masih asing, kayaknya jalan-jalan sendirian itu aneh banget dan terkesan kayak nggak punya teman. Padahal, kalau sudah coba, bisa ketagihan lho. Soalnya, solo traveling bisa jadi lebih seru dibanding pergi beramai-ramai, karena kamu hanya akan mengurusi dirimu sendiri dan nggak perlu terpaksa ngikutin keinginan temanmu. 

Jadi kalau kamu lagi pengen makan A atau pergi ke B, tapi teman perjalananmu nggak suka dan milih C, kamu nggak perlu lagi deh terjebak dalam situasi kayak gitu. Perjalanan solo bikin kamu lebih menghargai keinginan diri sendiri dan udah pasti bisa mengambil keputusan sesukamu. Kalau mendadak pengen tiduran doang pun, ya nggak masalah. Kalau lagi super semangat pergi dari pagi sampai pagi pun, lakukan sesuka hatimu. 

Tapi memang nggak bisa dipungkiri kalau kamu mungkin akan merasa kesepian dalam beberapa saat. Ya, namanya juga jalan sendirian, kesepian kayaknya sudah jadi bagian tak terpisahkan. Nah, biar kesepiannya nggak berlarut-larut dan kamu jadi lebih fokus ke menikmati perjalanan, ikutin cara ini yuk! 

(aarp.org)

Siapkan film dan musik favorit

Sebelum berangkat, siapkan playlist buat liburan kali ini. Pilih-pilih lagu yang asyik buat menemani perjalananmu. Kalau ada perjalanan yang lumayan panjang, kamu bisa nonton film dari handphone aja. Kedua hiburan ini dijamin bikin kamu nggak akan merasakan kesepian walau sedang sendirian. 

Menulis atau menggambar

Bawalah buku catatan kecil buat kamu nulis semua cerita yang dialami selama perjalanan. Kalau lagi bengong atau sambil makan, kamu bisa lho menulis apapun di buku. Kalau suka menggambar, bisa juga bawa buku gambar dan pensil ke mana pun kamu pergi, jadi pas lagi bosan bisa corat-coret sesuka hati deh.

(tourvaranasi.com)

Tetap berkomunikasi dengan orang terdekat

Selama solo traveling, kamu tetap bisa kok berkomunikasi sama orang-orang terdekat, misalnya orang tua, teman, atau pacar. Kamu bisa ngobrol lewat telepon atau video call. Jadinya kamu tetap berasa dekat mereka karena tahu kabar orang-orang yang penting buatmu.

(feministglobetrotter.com)

Manjakan diri sendiri

Selama solo traveling, jangan lupa untuk manjakan diri sendiri karena telah berhasil menjalankan tantangan yaitu pergi sendirian. Caranya sih bisa bermacam-macam ya, misalnya pergi ke salon dan menata rambut biar kece, pijat, spa, atau sesederhana traktir diri sendiri makan es krim. 

Bersikap ramah pada orang lain

Kalau nggak mau kesepian, kamu bisa ajak ngobrol orang lain selama perjalananmu, mulai dari di kereta atau pesawat, waktu makan, lagi jalan-jalan, atau di tempat penginapan. Ngobrol sama orang asing bisa seru juga lho, malah kalau cocok bisa jadi lanjut temenan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"