3 Perkampungan Arab di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

3 Perkampungan Arab di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu bahwa ada perkampungan Arab di Indonesia? Tentu saja hal ini tidak diragukan lagi, mengingat Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Sehingga orang keturunan yang bukan asli Indonesia pun bisa bermukim di sini, termasuk Arab, Cina, dan lain-lain.

Faktanya, orang-orang keturunan Timur Tengah yang bermukim di Indonesia ternyata memiliki keunikan sendiri, bahkan perkampungan yang mereka tempati sangat kental dengan nuansa islami. Kalau kamu penasaran di mana saja perkampungan Arab yang di Indonesia. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya. Siapa tahu kamu ingin berkunjung ke sana.

1. Kampung Arab Kalimantan

1. Kampung Arab Kalimantan Perkampungan Arab di Indonesia (via Detik)

Siapa sangka kalau di Kalimantan ternyata terdapat perkampungan Arab? Kampung Arab ini terletak di Jalan Tanjung Raya I, Pontianak, Kalimantan Barat. Di perkampungan yang kaya akan wisata sejarah ini kamu tidak hanya bisa melihat orang-orang keturunan Arab, tetapi kamu juga bisa mengunjungi Keraton Kadariah yang letaknya tidak jauh dari situ.

Sebagai informasi, Keraton Kadariah adalah istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada 1771-1778 Masehi oleh Sultan Sayyid Syarif Abdurrahman Al-qadrie. Tidak heran jika banyak orang Arab yang bermukim di situ karena merasakan kedekatan dalam hal budaya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"