3 Festival dalam Negeri yang Bisa Kamu Kunjungi Sepanjang Juli

3 Festival dalam Negeri yang Bisa Kamu Kunjungi Sepanjang Juli

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan, setiap tahunnya Kementerian Pariwisata Indonesia punya banyak agenda festival lho di setiap daerahnya. Untuk bulan Juli sendiri aja, banyak pilihan festival yang bisa kamu datangi.

Setiap tahunnya, Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan 100 festival tahunan dalam Calendar of Event (CoE) nasional. Harapannya? Tentu saja bisa mendatangkan banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tahun ini pun program tersebut masih berjalan lho dengan menghadirkan beragam festival yang unik dan pastinya beda-beda di setiap daerah. Nah, di bulan Juli ini aja, ada banyak lho festival yang bisa kamu datangi.

Festival Biak Munara Wampasi

Festival Biak Munara Wampasi (Twitter @Kemenpar_RI)

Di awal Juli ini, ada Festival Biak Munara Wampasi VII (BMW)  yang bakalan berlangsung mulai 6 Juli 2019. Lomba mancing ini digelar demi mempromosikan wisata pantai dan hasil laut di Pulau Biak yang melimpah. 

Nah, untuk lombanya sendiri, terdiri dari lomba mancing tradisional dan modern. Pada lomba tradisional, peserta dilarang pakai perangkat modern, nggak boleh menggunakan Fishfinder, alat GPS, dan harus menggunakan perahu standar nelayan. Sedangkan, untuk lomba modern, peserta boleh pakai perangkat modern jigging dan bisa menggunakan alat bantu Fishfinder. 

Gimana, tertarik untuk nonton lomba mancing di Kabupaten Biak Numfor, Papua?

Festival Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Tenun Ikat

Festival Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Tenun Ikat (pedomanwisata.com)

Festival lain yang bisa kamu datangi sepanjang Juli ini adalah Festival Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Tenun Ikat mulai dari tanggal 5 Juli hingga 13 Juli 2019 di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Sebagai acara tahunan, festival ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para wisatawan. Ya, apalagi Sumba sendiri memang punya daya tarik wisata yang besar dengan keindahan alamnya. 

Selama festival berlangsung, kamu bisa melihat kuda-kuda Sandalwood yang dihias dengan berbagai aksesoris dan dekorasi yang unik. Sementara itu, penunggangnya akan memakai kostum tradisional. Sebagai pengunjung, kamu juga bisa lho ngerasain naik kuda Sandalwood soalnya panitia udah menyiapkan beberapa kuda buat wisatawan berkeliling Sumba. 

Nggak cuma itu lho, di acara ini kamu juga bisa melihat para pengrajin tenun ikat, kain tradisional Sumba. Nah untuk festival tenun ikatnya sendiri bakalan digelar di Tambolaka. Akan ada pameran kain, peragaan busana, dan pertunjukkan tari tradisional Sumba.

ARTJOG 2019

ARTJOG 2019 (panduanwisata.id)

Kalau kamu suka sesuatu yang berbau seni, cocok nih buat datang ke ARTJOG 2019 yang bakalan diselenggarain mulai 25 Juli sampai 25 Agustus. Buat yang belum tahu, ARTJOG itu adalah festival sekaligus pameran dan pasar seni rupa kontemporer yang selalu ada setiap tahunnya.

Nah, tahun ini lokasinya akan ada di Jogja National Museum, Jl. Ki Amri Yahya, no. 1, Yogyakarta. Selama ARTJOG berlangsung, akan ada tiga program besar, termasuk pameran utama, pertunjukkan harian, dan ada merchandise project.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"