15 Rekomendasi Wisata Indah di Dieng, Wajib Mampir Saat Libur Panjang dan Cuaca Cerah!

15 Rekomendasi Wisata Indah di Dieng, Wajib Mampir Saat Libur Panjang dan Cuaca Cerah!

Dieng merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Jawa Tengah. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Dieng punya pemandangan yang indah. Secara administratif, dataran tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Dieng kerap dijuluki negeri di atas awan. Sebab, lokasinya berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari.

Nggak cuma memiliki pemandangan yang indah, terdapat banyak obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya.

Jadi, Dieng merupakan obyek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat libur panjang. Utamanya, saat cuaca tengah terik dan panas seperti sekarang ini.

Berikut 15 rekomendasi wisata di Dieng yang wajib dikunjungi saat libur panjang di musim panas.

1. Bukit Sikunir

Rekomendasi 15 Wisata di Dieng, Bukit Sikunir (Phinemo.com)

Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng karena para pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dari atas bukit. Keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan membuatnya punya julukan golden sunrice.

Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Nggak cuma golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan 6 gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Bagi pendaki pemula, atau wisatawan yang tidak terbiasa mendaki gunung, nggak perlu khawatir. Sebab, pendakian Bukit Sikunir sangat ramah bagi pemula, hanya membutuhkan waktu 30-45 menit untuk sampai ke puncak bukit.

2. Gunung Prau

Dieng juga menyediakan destinasi bagi pendaki yakni Gunung Prau. Dilansir dari Kompas.com (30/05/2022), Gunung Prau mempunyai ketinggian sekitar 2.590 mdpl.

Estimasi waktu pendakian Gunung Prau adalah sekitar 3-4 jam sehingga gunung ini cocok bagi pendaki pemula. Ketika sampai di puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan lima gunung sekaligus. Pada sisi timur Gunung Prau, pendaki bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

3. Telaga Warna



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"