Yuk, Belajar Aksara Jawa Lengkap dengan Maknanya!

Yuk, Belajar Aksara Jawa Lengkap dengan Maknanya!

Jaman sekarang sedikit yang hafal aksara Jawa. Hayo ngaku, pasti banyak dari kalian yang belum hafal?

Nah, di tulisan kali ini kita akan membahas aksara jawa lengkap beserta maknanya. Semoga bisa berguna untuk kalian yang lagi belajar aksara jawa.

Aksara jawa sendiri merupakan turunan aksara Brahmi. Aksara ini dulunya dipakai di berbagai wilayah nusantara kayak pulau Jawa sendiri, Makassar, Melayu, Sunda, Bali, dan Sasak. Pada jaman dulu tulisan sastra Jawa juga memakai aksara Jawa.

Sejak abad 17 Masehi waktu masa Kerjaan Mataram Islam, aksara Jawa ini mulai digunakan. Melansir dari Hidupsimle.com, aksara Jawa adalah gabungan aksara kawi dan abugida. 

Berikut hal-hal yang harus kalian pahami dalam aksara jawa.

1. Aksara Carakan

Aksara carakan (wikipedia)

Aksara ini adalah aksara yang paling dasar. Kalo kalian baru belajar, mending hafalin aksara-aksara carakan dulu. Konon, aksara-aksara ini ada makna dan asal usul dibaliknya yang akan dijelasin di salah satu poin di bawah.

2. Pasangan

pasangan aksara Jawa (hidupsimpel.com)

Pasangan yaitu bentuk khusus dari aksara jawa yang fungsinya buat mematikan atau ngilangin vokal dari aksara Jawa sebelumnya.

Pasangan digunakan untuk menuliskan suku kata yang nggak ada terdapat vokal. Misalnya kata "mangan sega", kalian kudu menambahkan pasangan pada huruf "se". Hal ini supaya cara bacanya jadi 'mangan sega' bukan 'manganasega'

3. Sandhangan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"