Wow! Ini Alasan Mengapa Ide-ide Cemerlang Muncul dari Kamar Mandi

Wow! Ini Alasan Mengapa Ide-ide Cemerlang Muncul dari Kamar Mandi

Kamu pernah nggak keluar dari kamar mandi, lalu tiba-tiba cling dapet ide? Padahal, seharian itu kamu pusing banget karena mentok ga dapet-dapet ide. Eh, ga nyangka, setelah mandi dan buang air besar, kamu malah dapet inspirasi. 

Ternyata, nggak sedikit orang lho yang mendapat inspirasi setelah pergi ke kamar mandi. Menurut penelitian, 72% orang mendapatkan ide terbaiknya dari kamar mandi. Meskipun terdengar agak jorok yaa kalo dapet inspirasi saat buang air besar, hehe. Gimana itu bisa terjadi? Simak ulasan singkat berikut ini.

1. Kamar mandi = kamar kreatif

1. Kamar mandi = kamar kreatif Di kamar mandi kamu bisa berpikir liar dan bebas (cleanandtoasty.com)

Pada tahun 2014, seorang psikolog kognitif bernama Scott Barry Kaufman pernah melakukan studi tentang fenomena ini. Hasilnya menunjukkan, lingkungan kamar mandi sangat kondusif untuk ide-ide kreatif.

Di kamar mandi kamu bisa berpikir liar dan bebas. Kenapa? Karena suasana nya yang santai dan tidak menghakimi. Dengan begitu, alam bawah sadarmu lebih terbuka untuk berimajinasi atau melamun. Disinilah peluang ide-ide liar dan cemerlang muncul. 

2. Adanya distraksi ringan

2. Adanya distraksi ringan Distraksi membuat ide-ide muncul (rd.com)

Selama mandi kita ga hanya fokus memakai sabun atau shampoo aja. Di saat bersamaan, muncul pikiran-pikiran tertentu yang bikin kita terdistraksi. Nah, distraksi inilah yang membantu kita melepaskan diri dari dunia luar. Beban-beban pikiran yang selama ini dirasakan juga menghilang. Walhasil, pikiran kita jadi lebih jernih. 

Menurut Leo Widrich, distraksi ringan inilah yang membantu kita menghasilkan ide-ide cemerlang. Perpaduan distraksi ringan dengan rasa senang saat mandi membantu otak kita berpikir kreatif. Muncul deh ide-cemerlang!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"