WHO Menegaskan Kalau Omicron Berbeda dengan Flu, Ini Penjelasannya

WHO Menegaskan Kalau Omicron Berbeda dengan Flu, Ini Penjelasannya

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak negara yang menganggap jika Omicron sama dengan layaknya flu biasa. Padahal, Omicron tidaklah sama dengan flu. Namun sampai saat ini, masih belum ada bukti pasti yang menyatakan jika Omicron tidak menimbulkan gejala parah.

"Kita masih memiliki sejumlah besar ketidakpastian dan virus yang berkembang cukup cepat, menimbulkan tantangan baru. Kami tentu tidak pada titik di mana kami dapat menyebutnya (COVID-19) endemik," kata petugas darurat senior WHO untuk Eropa, Catherine Smallwood, dalam konferensi pers dikutip dari Reuters, Rabu (12/1/2022).

WHO tegaskan jika varian Omicron berbeda dengan flu biasa (detik.com)

Hal ini disampaikan menyusul dari komentar  Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, yang mengatakan bahwa akan ada perubahan dari cara pelacakan evolusi virus Covid-19 melalui metode yang serupa dengan metode flu.

Alasannya adalah karena tingkat kematian Covid-19 yang sudah turun. Dengan kata lain, virus Covid-19 akan dianggap sebagai penyakit endemik, bukan pandemi.

Di beberapa negara yang tingkat kasus Omicronnya tinggi, seperti Amerika Seritak dan Inggris, banyak para ahli yang melaporkan jika gejala yang ditimbulkan masih cukup ringan pada penderita yang telah divaksinasi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"