WhatsApp, Instagram, dan Facebook eror semua. Imbasnya, Twitter jadi rame deh. Jadi trending topik dunia pula.

Tiga jejaring sosial Facebook, Instagram, serta WhatsApp dilaporkan mengalami gangguan secara global. Para penggunanya kemudian melaporkan bahwa mereka sama sekali nggak bisa menggunakan ketiga platform tersebut.

Gangguan itu berdampak pada komunikasi yang dilakukan para penggunanya. Para pengguna mengatakan bahwa mereka mengalami kendala saat mengirim pesan-pesan lewat Messenger, memposting konten di Facebook, Instagram, juga WhatsApp.

Ada pemberitahuan begini pas buka Facebook semalam (Twitter #Facebookdown)

Fitur-fitur utama di instagram seperti Insta Stories hingga direct message misalnya, tidak bisa digunakan. Demikian halnya dengan tombol untuk mempublikasi konten baru juga nggak bisa digunakan tuh.

Dilansir dari Kompas.com, gangguan tersebut terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu Amerika Serikat (AS).

Melalui akun Twitter-nya, Facebook mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS. Namun, pihak Facebook belum bisa menjelaskan apa penyebab gangguannya.

Instagram tumbang di banyak negara(downdetector.com)

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook dalam cuitannya.

"Kami sedang berfokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut cuitan itu.

Pernyataan dari Instagram (Twitter @Instagram)

Hal senada juga disampaikan Instagram lewat akun Twitter resminya @Instagram. Pihak Instagram juga berjanji untuk segera mengatasi masalah itu secepat mungkin.

Menurut laman DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang meluas hingga ke Eropa dan Australia. DownDetector mencatat bahwa wilayah Brasil mengalami gangguan paling parah.

Indonesia juga ikut terdampak masalah ini. Terutama untuk layanan Instagram dan Facebook. Di Indonesia, masalah yang muncul ternyata berbeda-beda seperti tombol yang menghilang di platform Instagram serta nggak bisa memposting Insta Stories.

Instagram dan Facebook sempet galat di Indonesia (standard.co.uk)

Sedangkan untuk layanan WhatsApp, tidak ada gangguan yang terjadi. Meski begitu, banyak pula pengguna lainnya yang melaporkan bahwa mereka mendapat gangguan misalnya saat mengirim foto atau dokumen di WhatsApp.

Gangguan seperti ini sebelumnya pernah terjadi pada 2017 lalu. Saat itu, gangguannya malah lebih parah lagi, banyak pengguna yang nggak bisa mengakses aplikasi atau bahkan gak bisa berkirim pesan satu sama lain.

Dampaknya, Twitter emang jadi rame. Semua orang fokus sama hal itu kemarin, jadi Trending Topic dunia pula. Tapi syukurlah sekarang semua sudah kembali normal. Bikin postingan lagi gih gengs.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations