Waspada Cuaca Ekstrem dengan Curah Hujan Tinggi di Indonesia Akibat La Lina pada Akhir Oktober!

Waspada Cuaca Ekstrem dengan Curah Hujan Tinggi di Indonesia Akibat La Lina pada Akhir Oktober!

Beberapa waktu lalu, Indonesia dikabarkan akan mengalami cuaca ekstrem di akhir Oktober akibat La Nina. Sekitar tanggal 17-22 Oktober 2022. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa cuaca ekstrem tersebut akan berupa hujan deras disertai angin kencang, serta petir. 

Padahal sebelumnya, BMKG juga telah memberi peringatan bahwa fenomena La Nina ini juga akan mengakibatkan curah hujan tinggi dari Desember 2020 hingga Februari 2021. 

Namun tidak hanya La Nina yang akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Sebab ada juga gelombang Madden Jullian Oscillation yang juga akan datang ke Indonesia.

# Waspada Dampak Cuaca Ekstrem AKibat La Nina

# Waspada Dampak Cuaca Ekstrem AKibat La Nina Gambaran hujan angin akibat La Nina (wartabromo.com)


Karena prakiraan cuaca estrem tersebut. BMKG mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati. Sebab dampak yang ditimbulkan dari fenomena alam ini bisa berbagai macam dan berbahaya untuk keselamatan. 

Dampak cuaca ekstrem itu antara lain: banjir bandang, longsor, pohon tumbang, angin kencang, petir, jalanan licin.

La Nina yang dalam bahasa Spanyol adalah gadis kecil, mewakili periode suhu permukaan laut di bawah rata-rata Pasifik Khatulistiwa timur-tengah. La Nina akan meningkatkan jumlah curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia hingga 40% di atas normal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"