Wajib Tahu! 5 Alasan Kenapa Thailand Nggak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Wajib Tahu! 5 Alasan Kenapa Thailand Nggak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara, Thailand  menjadi satu-satunya yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain, seperti Belanda, Jepang, atau Inggris. Apa yang membuat Thailand begitu kuat sehingga membuat nyali penjajah ciut untuk masuk ke negara yang berjuluk Gajah Putih ini.

Saat negara lain harus membebaskan diri dari belenggu penjajahan, Thailand bisa bebas dari penjajah karena peran penting dari dua raja yakni Raja Mongkut dan Raja Chulalongkom. Thailand merupakan negara yang menganut sistem monarki konstitusional. Berikut 5 alasannya.

1.    Buffer State

Salah satu faktor utama Thailand tidak pernah dijajah adalah Thailand dalam posisi sebagai buffer state yang berarti negara penyangga. Waktu itu Thailand masih bernama Siam yang menjadi pemisah antara satu dan negara jajahan. Negara yang berbatasan dengan Thailand dijajah Inggris dan Prancis,.

Justru jika Thailand dijajah salah satu negara Eropa itu maka bisa jadi permusuhan malah terjadi antara Inggris dan Prancis. Inggris menjajah Myanmar sampai Malaysia, sementara Prancis menjajah Vietnam, Laos, dan Kamboja. Saat itu raja Thailand, Raja Chulalongkom melakukan diplomasi kepada Inggris dan Prancis.

5 Alasan Kenapa Thailand Nggak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain (KONTAN)

2.    Sistem Pemerintahan

Thailand melakukan sistem pemerintahan Mandala. Sistem ini, Raja Chulalonglom membuat satuan militer di wilayah yang tidak dapat dijangkau olehnya. Walaupun kekuatan militernya tidak setangguh militer Eropa, namun raja mampu mengendalikan para pemimpin lokal untuk menghadapi penjajah seandainya masuk ke wilayah Thailand.

3.    Gaya Hidup Ala Eropa

Raja Thailand saat itu merealisasikan gaya hidup ala Eropa di Thailand. Raja itu mengadopsi kebiasaan orang Eropa sampai dengan kemajuan teknologinya. Banyaknya misionaris Kristen dari Eropa yang masuk ke Thailan dijadikan pekerja untuk mengajar penduduk lokal belajar bahasa Inggris. Bahkan raja menyewa beberapa tentara Eropa untuk mengajari tentara Thailand dalam latihan perang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"