Wah, Ternyata Time Travel Tuh Memungkinkan Secara Ilmiah Loh ...

Wah, Ternyata Time Travel Tuh Memungkinkan Secara Ilmiah Loh ...

Pernah nonton Doraemon kan gengs? Bersama Doraemon, Nobita dan teman-temannya sering tuh bertualang ke masa depan atau masa lalu. Mereka pernah tiba di zaman Jurassic, dan pernah juga tiba di abad 22.

Lah, Doraemon sendiri kan dikisahkan adalah robot kucing yang datang dari abad 22 tuh. Nah, gimana cara mereka melakukan perjalanan antar-waktu begitu?

Jawabannya bisa kita lihat di laci meja belajarnya Nobita. Doraemon udah meletakkan alat super canggih di situ, dan kita bisa melakukan time travel lewat laci meja belajarnya Nobita gengs. Kece yak!

Doraemon dan kawan-kawannya time traveling tuh (marcusgohmarcusgoh.com)

Mungkin asik kali ya bisa bertualang ke masa depan atau masa lalu. Mungkin~ Yang jadi masalah, itu kan di komik atau di serial anime ya. Gimana kalo kita pengin time travel beneran di dunia nyata ini? Apa bisa? 

Dikutip dari IDNTimes, ternyata time travel tuh memungkinkan kok secara ilmiah. Simak deh penjelasannya berikut ini.

1. Berdasarkan perhitungan matematis atau fisika, menjelajah ruang dan waktu itu ternyata mungkin dilakukan loh

1. Berdasarkan perhitungan matematis atau fisika, menjelajah ruang dan waktu itu ternyata mungkin dilakukan loh Time traveling itu mungkin kok secara ilmiah (strangerdimensions.com)

Begini, coba kalian ibaratkan bahwa ruang dan waktu itu memiliki dimensi. Penelitian baru yang dipublikasikan dalam Journal Classical and Quantum Gravity menyebutkan bahwa secara matematis, time travel tuh memungkinkan untuk dilakukan.

Sementara penelitian lain yang dilakukan para ahli matematika dari University of British Columbia, Kanada, dan University of Maryland, Amerika Serikat, menyatakan bahwa mesin waktu perlu memiliki kemampuan untuk menekuk "kain waktu".

Terkait hal ini, kita bisa berpikir bahwa ruang dan waktu adalah penggabungan dimensi fisik yang secara umum adalah tiga dimensi, mencakup lebar, panjang, dan tinggi. Dan itu digabungkan dengan waktu. Gimana menurut kalian?

2. Menyiasati ruang dan waktu yang memiliki dimensi bisa dilakukan dengan menambahkan massa yang amat berat di atasnya hingga terjadi 'cekungan waktu'

2. Menyiasati ruang dan waktu yang memiliki dimensi bisa dilakukan dengan menambahkan massa yang amat berat di atasnya hingga terjadi 'cekungan waktu' Dari dulu orang tuh kepo banget sama perjalanan lintas waktu (syfy.com)

Waktu hanya bisa maju ke depan. Ini sesuai dengan hukum termodinamika kedua. Meski begitu, "cekungan waktu" alias "lekukan waktu", memang masih agak sulit untuk digambarkan . Soalnya ada variabel waktunya itu loh.

Jika kalian menempatkan sesuatu yang berat di atasnya, maka cekungan gravitasi yang besar akan terjadi. Saat itu, waktu juga akan menjadi lebih lambat dalam cekungan tersebut.

3. Waktu dalam dimensi yang utama akan selalu bergerak ke depan

3. Waktu dalam dimensi yang utama akan selalu bergerak ke depan Ini nih TARDIS dari serial "Doctor Who" (sciencemadesimple.com)

Mau dengan cara apa pun, waktu hanya akan bisa maju ke depan. Waktu gak mungkin bsia mundur ke belakang lagi gengs. Makanya ada kenangan (((KENANGAN))).

Tapi, jika kalian tertarik akan hal ini, kalian perlu memahami teori relativitas umum dan khusus. Di sana ada penjelasannya tuh. Ya, seandainya bisa ngikutin kuliah-kuliahnya Einstein dulu ya ....

Nah, hal ini mungkin terjadi bila kita masuk ke dalam wahana TARDIS. TARDIS merupakan akronim dari "Traversable Acausal Retrograde Domains in Spacetime". Di luar TARDIS, waktu akan berjalan maju ke depan secara normal, tetapi di dalamnya, kita akan melawan pengukuran perjalanan ruang dan waktu kita.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"