WAGELASEH! Segini Biaya Pesawat Sekali Isi BBM

WAGELASEH! Segini Biaya Pesawat Sekali Isi BBM

Pesawat terbang diwajibkan melakukan pengisian BBM (bahan bakar minyak) jenis Avtur sebelum melakukan penerbangan. Biasanya pengisian BBM pesawat dilakukan di Bandara sebelum pesawat lepas landas. Nah suka penasaran nggak sih berapa biaya isi BBM pesawat untuk sekali pengisian?

Dilansir dari video di akun TikTok @sendy_id, nampak sebuah pesawat maskapai Batik Air sedang melakukan pengisian BBM di sebuah bandara. Pesawat tersebut akan berangkat menuju Malang dari Jakarta. Nampak satu truk Pertamina melakukan pengisian untuk pesawat tersebut. Seorang teknisi pesawat tengah menjalani proses pengisian BBM.

Dalam video tersebut terungkap jumlah total berapa liter Avtur yang diisi kepada pesawat jurusan Jakarta – Malang itu sebesar 10.165 liter. Untuk satu liter seharga sekitar Rp 15 ribu. Total untuk sekali pengisian Avtur mencapai kurang lebih Rp 153 juta. 

Segini Biaya Pesawat Sekali Isi BBM (TikTok @sendy_id)

Sejumlah warganet pun terkejut dengan total uang yang harus dikeluarkan untuk mengisi BBM pesawat. Tentu pihak perusahaan maskapai penerbangan yang harus membayar kepada Pertamina terkait pengisian BBM tersebut. Untuk sekali isi BBM saja sangat mahal, bagaimana perusahaan menutup biaya operasionalnya?

Bagaimana sih cara pengisian BBM untuk pesawat di bandara? Sebagian besar pesawat menggunakan bahan bakar dengan bantuan alat dispenser atau hydrant pit atau lubang hidran. Hydrant pit adalah sistem pipa yan ditanam di setiap stan parkir pesawat di bandara. Jadi di bawah parkiran pesawat ada pipa berisi bahan bakar avtur.

Pengisian BBM dibantu oleh truk khusus yang dilengkapi dengan berbagai peralatan dan mesin untuk bisa mengisi bahan bakar pesawat. Truk akan mendekati pesawat yang akan diisi BM dan menghubungkan selang ke hydrant pit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"