W-O-W! Nih Fakta-Fakta tentang YouTube yang Selama Ini Belum Kalian Tau

W-O-W! Nih Fakta-Fakta tentang YouTube yang Selama Ini Belum Kalian Tau

Berdiri sejak 2005 lalu, YouTube pasti udah gak asing lagi deh buat kita. Di sana, kita bisa nyari video tentang apa saja. Semua ada, dari yang sepele, aneh-aneh, kocak, mistis, peristiwa, wah banyak deh pokoknya.

Nah, belom afdol rasanya kalo kita adalah pengguna setia YouTube dan nggak tau ada apa aja di baliknya. Kalo gitu, simak dulu nih fakta-fakta tentang YouTube yang jarang banget diketahui orang.

1. YouTube diciptakan oleh tiga orang mantan pegawai PayPal. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim.

Nih, para pendiri YouTube gengs (youtube)

2. Awalnya, YouTube dibuat untuk situs video kencan. Kaget gak? Tapi selanjutnya, mereka terinspirasi untuk menjadi situs berbagi video saat bencana Tsunami 2004 melanda kawasan Samudra Hindia.

3. Video pertama di YouTube diberi judul "Me at the Zoo". Video itu direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego. Di dalam video itu ada Jawed Karim yang berdiri di depan kandang gajah. Gajah-gajah itu pun tampak sedang menikmati rumput untuk menu makanannya.

4. Oktober 2006 lalu, Google membeli YouTube seharga 1,65 dollar AS, atau setara dengan Rp2,2 triliun. Setelah berada di bawah Google, YouTube terus dikembangkan sampe sebesar sekarang.

5. Sebagian besar pengguna YouTube berasal dari mancanegara. Sementara pengguna asal tanah kelahirannya, Amerika Serikat, hanya 40% saja.

6. Per 2015 lalu, jumlah video di YouTube amat banyak. Sampe-sampe nih, kalo kita mau nontonin semua videonya, kita memerlukan waktu hingga 2.000 tahun lamanya.

Nonton YouTube dulu gih gaes... (yummymummyclub.ca)

7. Sampe sekarang, ada lebih dari 7.500 jam film dan acara yang di-upload ke YouTube. Semua tayangan diunggah ke YouTube, baik secara legal maupun ilegal. Tapi kayaknya banyakan ilegalnya sih....

8. Sampai sekarang, video berjudul "Charlie Bite My Finger" adalah video yang paling banyak ditonton orang. Video tersebut telah ditonton hingga 860-an juta kali. Di like pula hingga 1,8 juta orang. Gilak!

9. Situs YouTube ternyata dikunjungi hingga 116 juta pengunjung unik per harinya. Total halamannya sekitar 1,7 miliar per hari. Kan maen~

10. YouTube menempati peringkat ketiga untuk situs yang paling banyak dikunjungi orang setelah Google dan Facebook nih gengs.

YouTube setelah Google dan Facebook (naturalnews.com)

11. Dalam satu menit, adalah lebih dari 400 kali link dari YouTube yang ditulis pengunjungnya di Twitter. Di Facebook ada lebih dari 700 kali. Luar biasak bangets!

12. YouTube ikut merayakan April Fool's Day alias April Mop. Dalam perayaan itu, YouTube mengunggah video iseng dari selebriti atau artis. Ada juga video-video yang sedang tren tapi dibenci banyak orang.

13. Rickroll, penyanyi rock yang bernama Rick Astley tampil di YouTube tahun 2007. Nah, dalam perayaan pertama April Mop tahun 2009, semua video yang diunggah ke YouTube memuat cover-an Rickroll.

14. Batman adalah superhero besutan DC yang paling banyak ditonton serialnya di YouTube. Jadi, Batman disebut paling laku sejauh ini dan telah ditonton hingga 3 juta kali dengan total pemutaran hingga 71.000 jam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"