Viral Jemaah di Masjid Agung Ciamis Pakai Topi Seperti Santa

Viral Jemaah di Masjid Agung Ciamis Pakai Topi Seperti Santa

Viral di media sosial video para jamaah di Masjid Agung Ciamis pada menggunakan ciput berwarna merah putih yang persis seperti topi santa.

Dalam video tersebut, tertulis "Masjid Agung Ciamis Jawa Barat." Di video itu juga tampak beberapa wanita yang memakai mukena, lalu memakai ciput merah putih sembari berzikir. Sedangkan jemaah pria menggunakan peci dengan warna sama.

Membahas hal ini, Pengurus DKM Masjid Agung Ciamis memberikan klarifikasi terkait video viral tersebut. Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, Wawan S Arifien, membenarkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Ciamis. Namun, Masjid Agung Ciamis hanya menyediakan tempat dan bukan sebagai penyelenggara atau panitia acara.

Jemaah Masjid Agung Ciamis pakai topi mirip santa (via tribunnews)

"Banyak yang bertanya tentang video viral itu. Kejadiannya 5 Juni 2024 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Ciamis. Itu acara Pemda Ciamis bekerja sama dengan Pesantren Sirnarasa pimpinan Mama Gaos. Kami diminta mempersiapkan tempat, yang membawa acara dari Pesantren Sirnarasa," ujar Wawan, Selasa (6/8/2024).

"Yang jadi permasalahan yang berhubungan dengan pakaian atau kostum ciput merah putih terutama yang digunakan oleh ibu-ibu. Setelah viral, lalu saya coba konfirmasi terkait warna merah putih itu simbol bendera, lalu kalau bentuk ciput seperti sinterklas itu katanya sudah fatwa daripada Mama Aos," jelasnya.

Namun pihaknya tak bisa begitu menjelaskan apa alasan para jemaah menggunakan ciput tersebut. Akan tetapi, mereka memang cukup rutin melakukan manaqib setiap bulan.

"Setiap bulan juga ada manaqiban, tapi tidak memakai kostum itu. Hanya pada saat kegiatan hari jadi memakai kostum itu," imbuhnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"