Viral Driver Gojek yang Juara Debat Lulus Cumlaude Nih, Siapa Dia?

Viral Driver Gojek yang Juara Debat Lulus Cumlaude Nih, Siapa Dia?

Belakangan Twitter kembali diramaikan dengan viralnya sebuah thread dari akun @gizayeolsung. Dalam akunnya, pemilik akun itu mengunggah kisah tentang seorang mahasiswi berpretasi yang lulus dengan baik di kampusnya.

Mahasiswi itu adalah Leony Sondang Suryani. Gadis berusia 22 tahun ini berhasil meraih predikat cumlaude atau sangat memuaskan.

Keberhasilan ini jadi spesial banget karena kelulusan dari kuliahnya diraih sambil bekerja sebagai seorang pengemudi ojek online gengs. Salut!

Salah satu driver Gojek berprestasi nih gengs (Twitter @gizayeolsung)

Nggak cuma itu, sosok Leony yang akrab dipanggi Lele ini juga disebut aktif mewakili almamaternya di sejumlah kompetisi debat nasional. Karena itu, komentar positif langsung membanjiri postingan @gizayeolsung tadi. 

Netizen yang merespons cuitan pemilik akun tadi bernada positif. Seperti dilansir Kompas.com, bahkan hingga Jumat (9/8/2019) ini, thread itu mendapat lebih dari 42 ribu "likes" dan di Retweet hingga lebih dari 30 ribu kali.

Mencari uang tambahan

Mahasiswi angkatan 2015 Jurusan Hukum dan Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah ini sudah aktif menjadi mitra Gojek sejak masih semester 5.

Leony mengaku bekerja menjadi driver Gojek untuk mendapatan uang tambahan karena ayahnya kini sedang dalam kondisi tidak sehat.

Ilustrasi driver Gojek (babatpost.com)

"Kalau aku sebenarnya dari nge-gojek ini, selain untuk meringankan, setidak saya tidak meminta uang tambahan yang banyak untuk kegiatan kampus atau perlombaan," kata Lele yang berasal dari Bogor, Jawa Barat, seperti dikutip dari wawancaranya dengan Kompas.com.

Selain untuk membantu keuangannya, bekerja menjadi driver Gojek juga dijadikan Lele sebagai ajang penempa mental, gengs!

"Tapi ya di sisi lain, saya anggap ini sebagai cara saya untuk melatih diri saya untuk punya mental yang kuat, itu saja," katanya.

Lele aktif mengikuti debat

Lele aktif banget mengikuti debat (Twitter @gizayeolsung)

Lele emang aktif mengikuti debat di kampusnya sejak menjadi mahasiswa Undip. Lele mengatakan bahwa awalnya dia mengikuti lomba debat tingkat kampus dulu, terus akhirnya naik ke tingkat nasional.

Lele mengaku terlibat dalam kompetisi debat mewakili kampusnya dalam tiga kejuaraan yang digelar selama 3 tahun berturut-turut.

"Kalau ngikutnya sebenernya 3 tahun berturut-turut ikut 3 lomba, tapi yang menang itu yang tahun 2017 sama 2018," katanya.

Leony udah lomba debat sampe ke tingkat nasional (Twitter @gizayeolsung)

Salah satu lomba yang berhasil dimenangkannya bersama timnya adalah Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa tingkat nasional pada 2018 lalu. Tim dari Undip terdiri dari 3 orang mahasiswi, salah satunya ya Lele. Dan mereka menang lomba itu Juara I gengs.

Selain itu, Leony juga berhasil menyelesaikan studinya yang disebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri dengan cepat. Hebatnya, doi berhasil raih predikat cumlaude gengs.

IPK-nya 3,67 loh. Katanya saat ditanya tentang IPK yang didapatkannya.

Gimana cara Lele bagi waktu?

Lele dan rekan-rekan kerjanya pas wisuda (Twitter @gizayeolsung)

Lele mengatakan bahwa untuk bisa menjalankan semua kegiatannya dia harus pinter-pinter bagi waktu.

"Kalau aku, misalnya kuliahnya pagi, nariknya siang. Kalau kuliahnya siang, nariknya pagi. Ya, pasti akan ada yang dikorbanin sih. Jadi misal waktunya seperti itu (padat), ya mungkin nongkrongnya dikurangi. Jadi dilihat apa yang jadi prioritasnya dulu," kata Lele.

Leony tak lupa membagikan sedikit tips biar bisa menyelesaikan tanggung jawab dengan maksimal.

"Kalau untuk teman-teman di luar sana, tetap semangat aja. Kalau saya memang selalu punya prinsip, setiap kali saya merasa jatuh saya itu hanya berpikir, 'tiap kali hidup menjatuhkan saya, saya tangkap itu sebagai sinyal bahwa saya harus berusaha lebih kuat lagi," lanjut Lele.

Selamat ya, Lele ... semoga menginspirasi banyak orang (Twitter @gizayeolsung)

Baginya, untuk bisa mencapai semua impian dan menjalankan tugas juga kewajiban dengan biak, Lele selalu menentukan prioritas. "Selalu tentukan prioritas. Jalani saja, jalani sebaik-baiknya apa yang bisa dilakukan," katanya.

Wisuda pake jaket Gojek

Di hari wisudanya, Lele tampil berbeda dengan wisudawan lainnya. Ini karena dia mengenakan jaket Gojek kebanggaannya di hari spesial itu.

"Iya benar (pakai jaket Gojek). Itu kan luarnya jaket dalemnya toga, jubah sama kebaya itu," kata Leony.

Setelah selesai acara, empat rekannya sesama pengemudi Gojek di Semarang juga hadri untuk merayakan hari penting Lele. Lele mengatakan bahwa mereka yang datang adalah komunitas pengemudi Gojek di Semarang yang berniat datang meramaikan hari kelulusannya itu.

(Twitter @gizayeolsung)

"Memang itu satu komunitas di Semarang ini. Mereka emang semangat lah ngelihat saya wisua, jadi 'Ayo pada dateng ramein wisudanya Mbak Lele', ya udah mereka dateng," tutur Lele.

Kedatangan rekan kerja Lele tentu membawa kebahagiaan tersendiri. Kini, Lele resmi bergelar Sarjana Hukum deh, selamat ya buat Lele ... semangat terus!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"