Viral Binatang Aneh Ini Muncul di Israel, Diduga Jadi Tanda Hari Kiamat?

Viral Binatang Aneh Ini Muncul di Israel, Diduga Jadi Tanda Hari Kiamat?

Belum lama ini, muncul sebuah binatang yang menghebohkan karena disebut menjadi ‘tanda’ dari kiamat yang semakin dekat. Binatang ini muncul di Israel melalui foto yang menyebutnya sebagai ‘Dabbah’.

 

Berita ini pun mengundang perhatian masyarakat hingga viral di berbagai media sosial.

 

"Dabbah Telah Muncul Di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat. Semoga Kita Dalam Lindungan Allah. Aminn," tulis unggahan tersebut di Facebook, seperti dikutip dari detikInet, Senin (6/2/2023).

 

Foto tersebut merupakan tangkapan layar (screenshot) dari video lagu 'The Mexican Mole Lizard - Animal of the Week yang diunggah oleh Ben G Thomas.

 

Tampak di video tersebut, hewan Mexican Mole Lizard tersebut berbentuk kadal tanpa kaki. Nama ilmiah dari hewan aneh ini adalah Bipes biporus yang hidupnya di air.

Viral foto unggahan hewan Dabbah yang disebut sebagai tanda kiamat sudah dekat (detik)

 

Menurut laporan National Geographic, Bipes biporus paling sering ditemukan di Semenanjung Meksiko, tepatnya di Baja California.

 

Akan tetapi, kadal tanpa kaki itu diketahui hidup di bawah tanah dan jarang sekali muncul ke permukaan. Panjangnya pun bisa mencapai 25 kilometer. Namun dari berita yang beredar, disebut jika unggahan foto tersebut bukanlah wujud Dabbah..

 

Itu hanyalah narasi foto Dabbah yang merupakan konten menyesatkan karena tidaklah sesuai fakta alias hoax.

 

Lalu, mengapa hewan Dabbah disebut dekat dengan hari kiamat?

 

Menurut laman detikEdu, Dabbah menurut Islam adalah salah satu tanda terjadinya kiamat besar, sehingga kemunculan hewan ini disebut sebagai hari kiamat menurut riwayat hadits  Abdullah bin Amr.

 

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

 

Ciri-ciri Dabbah dalam Islam antara lain sejenis binatang melata, hewan berbulu dan berambut, memiliki empat kaki, dan disebut Ibnu Abbas, salah seorang yang merupakan sahabat Nabi, sebagai hewan berwajah manusia.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"