Video Viral Gus Dur Jelaskan Dulu Sempat Bubarkan Departemen Sosial

Video Viral Gus Dur Jelaskan Dulu Sempat Bubarkan Departemen Sosial

Penangkapan Menteri Sosial Juliari P Batubara bikin masyarakat semakin jengah dan lelah. Di tengah pandemi yang bikin banyak orang susah, tapi Mensosnya malah korupsi. Menambah lagi daftar pejabat politik yang hanya memperkaya diri sendiri.

Tahu gak sih gengs, sejak jaman Gus Dur jadi presiden dulu, Departemen Sosial udah gak beres. Gus Dur menganggap Departemen Sosial yang sekarang jadi Kemensos udah jadi sarang tikus alias koruptor.

Menteri Juliari P Batubara korupsi (kompas.com)

Video Gus Dur saat sesi wawancara dalam program Kick Andy pada 31 Desember 2009 kembali viral. Karena sudah membeberkan fakta ini.

"Persisnya itu, karena departemen itu yang mustinya mengayomi rakyat, korupsinya besar-besaran. Sampai hari ini," ujar Gus Dur dengan suara meninggi dalam acara tersebut.

Gus Dur ingin membubarkan saja Departemen Sosial yang bukan jadi lumbung buat rakyat. Tapi cuma jadi lumbung buat tikus-tikus negara. Jadi harus dibubarkan saja.

Masalah inilah yang menjadi salah satu penyebab Gus Dur ditentang banyak pihak dan dilengserkan. Gus Dur akhirnya diturunkan dari posisi Presiden pada sidang MPR, 23 Juli 2001, karena mengeluarkan Dekrit Pembubaran DPR/MPR. Digantikan oleh Megawati Soekarnoputri yang akhirnya membuka kembali Departemen Sosial pada 9 Agustus 2001.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"