Ustaz Abdul Somad Jelaskan Hal yang Wajib Dilakukan dan Dilarang Saat Ziarah Kubur

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Hal yang Wajib Dilakukan dan Dilarang Saat Ziarah Kubur

Ziarah kubur  merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan warga Indonesia dengan mendoakan leluhur dan orang terdekat yang sudah meninggal. Ustaz Abdul Somad atau UAS pun memberikan penjelasan dengan bijaksana terkait apa saja hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Dalam penjelasannya dalam channel YouTube Ustadz Abdul Somad Official, pendakwah yang memiliki jutaan pengikut ini mengatakan bahwa setibanya di pemakaman, sebaiknya mengucapkan salam saat ziarah kubur. Salam yang pertama hukumnya wajib dijawab yaitu menyatakan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,.

Setelah mengucapkan salam, saat ziarah kubur diharuskan membaca berbagai surat yang ada di Al-Qur’an seperti surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali. Al-Falaq sekali, An-nas sekali, dan Al-Fatihah sekali.

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Hal yang Wajib Dilakukan dan Dilarang Saat Ziarah Kubur (Okezone Nasional)

Setelah diwajibkan mengucapkan salam dan membaca surat di Al-Qur’an, UAS menjelaskan perihal apa saja larangan yang harus dipatuhi saat melakukan ziarah kubur. UAS menekankan pada tiga hal, yakni duduk di atas kuburan, menginjak kuburan, dan menjadikan kuburan sebagai asbak.

UAS berpesan supaya jika ada orang yang sudah pernah melakukan tiga hal itu di kuburan, sebaiknya berikutnya tidak mengulangi perbuatannya lagi. Memang duduk di atas kuburan dan menginjak kuburan terkadang sering tidak sengaja dilakukan saat berjalan di tengah makam. Kebanyakan orang yang tidak sengaja menginjak dan duduk di kuburan pasti meminta maaf dengan almarhum yang jenazahnya dimakamkan di kubur itu.

Melansir dari Republika, seorang ulama asal Al-Azhar Mesir bernama Sayyid Sabiq Muhammad at-Tihamy menjelaskan dalam kitabnya yang berjudul Fiqh as-Sunnah. Ia menjelaskan bahwa haram seseorang duduk, bersandar, dan berjalan di atas kuburan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"