Usianya Ribuan Tahun, 5 Makanan Tertua Ini Ditemukan Arkeolog

Usianya Ribuan Tahun, 5 Makanan Tertua Ini Ditemukan Arkeolog

Siapa sangka, ternyata arkeolog juga bisa menemukan makanan peninggalan masa lalu. Padahal, biasanya makanan paling mudah hancur. Tapi, ternyata ada juga yang tetap selamat.

1. Sup Tulang

1. Sup Tulang sup tulang (merdeka.com)

Sup Tulang ini ditemukan di Cina. Penemuannya nggak sengaja saat dilakukan penggalian di bandara baru. Wadah masaknya bahkan sangat unik karena memakai bahan perunggu. 

Masih ada sisa-sisa cairan sup walopun udah berubah warna waktu ditemukan. Tulang dan kuahnya sudah berubah jadi hijau karena proses oksidasi. Usianya sekitar 2400 tahun. 

2. Mentega

2. Mentega mentega (dailymail.co.uk)

Mentega ini ditemukan pada 2009. Penemuan mentega jadi bukti kalo jaman dulu di Irlandia cara menyimpan mentega dilakukan dengan merendam di lumpur. Kondisi mentega udah berubah jadi putih.

Teksturnya juga kayak lilin pas ditemukan. Meski udah berubah warna dan tekstur masih bisa dikenali kalo itu dulunya mentega.

3. Dendeng Daging

3. Dendeng Daging dendeng daging (merdeka.com)

Dendeng daging ini berusia 3000 tahun dan ditemukan di Cina. Lagi-lagi memakai tempat berbahan perunggu. Dendeng yang awet ini menunjukman kalo sebelum disimpan, udah mengalami pengeringan sempurna.

4. Roti Gosong

4. Roti Gosong roti gosong (dailymail.co.uk)

Waktu ditemukan, benda ini dikira sebagai arang biasa. Tapi akhirnya diketahui kalo ada gandum di dalamnya. Roti ini ditemukan di Oxfordshire, Inggris. Usianya sekitar 5500 tahun.

5. Anggur

5. Anggur anggur peninggalan Romawi (merdeka.com)

Di zaman dulu, kalo orang Romawi meninggal dan cukup kaya atau punya kedudukan tinggi, ia biasanya bakal dibawakan barang bersamanya waktu dikubur. Nah, arkeolog menemukan barang berupa anggur. 

Minuman ini usianya sekitar 1600 tahun. Sangat awet karena botol yang dipakai udah dilindungi minyak zaitun. 

Itulah beberapa makanan tertua di dunia yang telah ditemukan arkeolog. Gimana menurut kalian gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"