Udah Tau Belom Kalo 'Puasa' Berasal dari Kata dalam Bahasa Sanskerta?

Udah Tau Belom Kalo 'Puasa' Berasal dari Kata dalam Bahasa Sanskerta?

Bulan Ramadan tahun 1441 Hijriah ini jatuh pada akhir April 2020. Itu berarti umat Islam di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa.

Puasa sendiri dimengerti sebagai ibadah untuk menahan diri dari lapar dan haus. Termasuk menahan nafsu yang lain-lain juga. Sebaiknya juga diimbangi dengan berdoa kepada Tuhan.

Tapi, kamu udah tau belom dari mana kata 'puasa' berasal?

Kamu tau kata 'puasa' berasal dari mana? (thevocket.com)

Puasa diketahui berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta gengs. Kata itu merujuk pada 'upavasa'. Kata itu sendiri berasal dari dua kata yaitu 'upa' yang berarti dekat, dan 'vas' yang berarti hidup.

Dalam bahasa Sanskerta, 'upavasa' ini memiliki arti yang lebih penting dari sekadar menahan lapar dan haus. Kata ini punya makna mendalam, yaitu 'hidup dekat dengan' .... Dengan siapa?

Dalam sejarahnya, para maha guru dan biksu menyebutkan bahwa 'upavasa' berarti hidup yang terbiasa dekat dengan Tuhan. Caranya adalah dengan berdoa dan berpegang teguh dalam hal tersebut.

Saat berpuasa, doa-doa yang dipanjatkan seseorang akan membantu memurnikan tubuh manusia. Kita juga akan sadar bahwa makanan dan rezeki yang asli bagi manusia sebenarnya adalah kedekatannya dengan Sang Maha Pencipta gengs.

Makna dari kata puasa ini dalem banget lho gengs~ (detik.com)

Nu.or.id menyebutkan bahwa makna-makna puasa yang berasal dari bahasa Sanskerta itu selaras dengan makna shaum atau shiyam dalam ajaran Islam. Kata itu berarti menahan diri dari makan, minum, menjaga emosi, serta hubungan seksual.

Seseorang yang berpuasa juga diwajibkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pada masa pra-Islam, puasa memiliki makna spiritualitas mendalam. Sebab, makan, minum, dan berhubungan seksual dipercaya membuat manusia semakin jauh atau lupa kepada Tuhan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"