Beberapa waktu lalu, kita digemparkan dengan pemberitaan tentang ditangkapnya babi ngepet di Depok, Jawa Barat. Dari pemberitaan di media terlihat banyak warga berkumpul dan ingin menyaksikan babi yang telah ditangkap.
Cerita mistis semakin membumbui keadaan lantaran viralnya seorang Ibu yang mengaku tahu dan mencurigai tetangganya yang bisa hidup berkecukupan padahal tidak bekerja.
"Saya tahu ada yang nganggur tapi selalu punya uang," kurang lebih ungkapan ibu tersebut dalam video yang tersebar di dunia maya.
Mulanya banyak narasi yang mengatakan babi tersebut benar-benar babi jadi-jadian, lantaran tubuhnya kian hari kian mengecil. Meski kian mengecil toh babi tersebut tidak berubah jadi manusia. Bisa ditebak mengecilnya ukuran babi lantaran ketakutan dan mungkin saja lantaran tidak diberi makan dan minum ketika ditangkap. Apalagi dikerumuni oleh banyak orang pada waktu itu.
Namun babi tersebut bernasib nahas, belakangan diketahui babi tak berdosa itu mati akibat disembelih. Babi yang tidak ada urusannya menjadi kambing hitam dari keegoisan manusia.
Belakangan juga diketahui aparat kepolisian mengamankan seorang tokoh agama yang ternyata mengaku merekayasa peristiwa tersebut. Babi tersebut ternyata dibeli secara online oleh pelaku.
Menarik apabila kita mengkaitkan bagaimana era media digital ternyata menjadi media persebaran berita semacam ini. Perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang di abad ini, nyatanya juga tidak membuat sebagian orang bersikap rasional.
Lalu apa yang membuat masyarakat kita menyukai hal mistis dan masih percaya hal takhayul semacam ini?
Berbicara mengenai hal mistis, ada antropolog terkenal yang meneliti masyarakat Jawa kala itu. Dia pun membahas macam-macam makhluk supranatural di bukunya tersebut dengan pendekatan budaya yang lebih masuk akal dalam ranah akademis.
Tokoh tersebut adalah Clifford Geertz. Menurut Geertz (1985:9-29) ada beberapa macam klasifikasi hantu yang dipercayai di Jawa yakni Memedi, Lelembut, Tuyul, Demit, dan Danyang. Namun makhluk halus yang mencuri harta lebih diposisikan Geertz dengan Tuyul.
Jika Geertz mengupdate buku tersebut mungkin babi ngepet akan diklasifikasikan dengan kategori yang baru lantaran sama-sama dianggap mencuri uang. Meskipun secara rasional masih belum terjawab, kenapa uang di bank atau di atm tidak pernah dilaporkan hilang lantaran makhluk halus ini.
Terlepas dari itu, ada poin menarik Geertz saat membahas Tuyul, yakni bagaimana orang-orang yang dituduh bekerja sama dengan Tuyul memiliki ciri status tipe sosial yang dianggap kurang lebih sama.
"Mereka selalu kaya, sering kali secara mendadak," (Geertz:18)
Namun apabila kita mau melihat lebih kritis keadaan tersebut menampilkan bagaimana ada kesenjangan pada masa tersebut. Jika boleh berasumsi apakah desas-desus dan rumor kita pakai untuk menjatuhkan citra seseorang yang berbeda kelas. Atau secara mudahnya orang-orang gunakan sebagai senjata untuk melawan adanya lapisan ekonomi.
Berbeda dengan masa lalu, tapi sangat masuk akal pada zaman yang telah berkembang ini untuk menghasilkan uang dari mana saja termasuk rumah, karena fasilitas yang disediakan oleh teknologi tidak mengharuskan kita datang ke kantor setiap saat.