Ubah Wajah Pria Jadi Wanita, Ulama Malaysia Haramkan Aplikasi FaceApp ?

Ubah Wajah Pria Jadi Wanita, Ulama Malaysia Haramkan Aplikasi FaceApp ?

Alasan yang dipakai kenapa melarang penggunaan FaceApp karena fitur pengubah wajah dari pria ke wanita dan dianggap menyalahi kodrat manusia. Pendakwah tersebut juga menyebutkan bahwa tindakan tersebut merupakan tindakan merendahkan harkat dan martabat manusia apalagi bagi seorang muslim. 

"Misalnya, ketika kita secara alami dilahirkan sebagai pria, maka mengubah fitur kita menjadi wanita bertentangan dengan kodrat manusia," katanya dikutip di Coconuts saat melakukan wawancara dengan Al-Hijrah News, Rabu (24/6).

Selanjutnya, ketika seseorang menggunakan aplikasi tersebut, banyak yang mengunggah di media sosial. Tindakan ini yang disebut sang penceramah sebagai sesuatu yang memalukan dan merendahkan diri sendiri.

Nur juga mendorong orang tua memeriksa apakah anak-anak mereka telah menggunakan aplikasi Faceapp. Ia khawatir keberadaan aplikasi itu akan mendorong anak-anak beralih jenis kelamin atau memancing paedofil.

Dirinya juga menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika ada paedofil yang tertarik pada anak-anak yang mengunggah foto mereka saat bermain-main dengan fitur pertukaran gender ini. "Saya takut anak laki-laki akan memiliki keinginan mengubah jenis kelamin mereka ketika mereka melihat fitur mereka sebagai perempuan, atau sebaliknya," katanya.

Pendkawah ini berasal dari Universitas Ilmu Islam di Selangor. Secara teratur dirinya muncul di televisi dan mengadakan kajian di Masjid Sharifah Fatimah di Kedah.

FaceApp sendiri merupakan salah satu aplikasi pengeditan foto yang dikembangkan di Rusia dan diluncurkan beberapa tahun yang lalu dan begitu booming .  Fitur penukar gendernya menjadi tren di media sosial baru-baru ini dengan ribuan foto yang dibagikan penggunanya sebagai lawan jenis berjuta kali.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"