Uang Kertas Australia Jadi Uang Paling Canggih dan Inovatif di Dunia

Uang Kertas Australia Jadi Uang Paling Canggih dan Inovatif di Dunia

Hampir setiap negara memiliki mata uang kertas sebagai alat tukar jual beli mereka. Dan hampir menjadi kesepakatan tak tertulis bahwa setiap negara mencoba membuat uang tersebut secanggih mungkin. Alasan awal sih agar tidak mudah ditiru uang palsu gengs.

Dari sana muncul sejumlah desain mata uang kertas yang inovatif. Tetapi untuk sementara ini, mata uang Australia disebut-sebut sebagai salah satu mata uang yang paling canggih di dunia.

Uang kertas Australia dianggap paling canggih (imgur.com)

Kenapa disebut canggih, uang kertas negara itu benar-benar tahan air. Bukan alaminya kalau kertas tak basah terkena cairan. Uang ini juga relatif bersih karena tahan terhadap kelembaban dan kotoran. Dan yang paling penting sulit untuk dipalsukan.

Kebanyakan uang kertas, termasuk dollar AS dan beberapa uang negara lainnya, terbuat dari kertas serat kapas. Sedangkan uang kertas dollar Australia terbuat dari polimer, yang dilapisi lilin.

Karena berbahan polimer, uang kertas ini cenderung bertahan dua sampai tiga kali lebih lama dari pada kertas biasa. Fitur ini dapat mengurangi biaya pergantian uang. Sebagai referensi, uang kertas US$ 10 diganti setiap empat setengah tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"