Tukar Uang Baru untuk Lebaran, Tradisi yang Butuh Kehati-hatian

Tukar Uang Baru untuk Lebaran, Tradisi yang Butuh Kehati-hatian

Salah satu tradisi menjelang lebaran di Indonesia adalah tradis tukar uang baru. Tradisi ini maksudnya adalah menukar sejumlah uang biasanya dengan nominal ratusan hingga jutaan ke dalam pecahan uang yang masih baru. Pecahan ini bervariasi mulai dari 5000 rupiah hingga 50 ribu rupiah. Tujuan penukaran ini adalah untuk memberi uang saku atau angpao kepada sanak famili yang lebih muda usianya.

Ada beberapa cara penukaran uang pecahan yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menukar di penukaran uang yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, hingga ke "Tukang Receh" yaitu mereka yang sudah siap dengan pecahan tertentu biasanya dipinggir jalan jalur mudik.

Hal ini penting untuk diingat. Karena kondisi ini sering dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Seperti menggunakan uang palsu untuk penukaran. Meskipun tidak semua 'tukang receh' melakukan hal ini. Selalu ingat teknik 3D, dilihat, diraba, diterawang.

Dilihat adalah teknik mengamati uang palsu dengan mengamati kondisi fisik dari uang kertas. Apakah warnyanya pucat, luntur, patah-patah, atau tidak secerah yang asli.

Diraba juga memperhatikan secara detil kondisi uang kertas. Seberapa tebal uang kertas ini, apakah mudah lecek, termasuk tekstur kasar di lambang negara.

Teknik pengecekan yang terakhir adalah dengan diterawang. Teknik ini untuk melihat tanda air gambar pahlawan berwalanan. Ia juga tidak memiliki tekstur timbul. Bahkan di kedua sisi tidak saling mengisi bahkan cenderung berantakan.

Dari hal ini, seharusnya jika ingin menukar uang baru dalam bentuk pecahan lebih baik ke outlet resmi. Bank Indonesia menyediakan uang kertas sebesar Rp188,2 triliun. Penukaran bisa dilakukan di kantor Bank Indonesia atau 3 bank lain yang ditunjuk oleh BI yaitu di BRI, BNI dan Bank Mandiri. Termasuk juga di pusat-pusat keramaian. Untuk pengingat bahwa penukaran resmi tidak dipungut biaya.

Hanya saja oleh BI, penukaran resmi ini memiliki prasyarat tertentu. Antara lain adalah membawa kartu identitas, KTP, untuk menjalankan penukaran. Satu buah KTP hanya bisa digunakan untuk satu kali penukaran. Maksimal penukaran uang adalah Rp3,7 juta. Dengan perincian penukaran uang baru sebagai berikut:

- Siapkan uang Rp2 juta untuk menukarkan pecahan Rp20.000

- Siapkan uang Rp1 juta untuk menukarkan pecahan Rp10.000

- Siapkan uang Rp500 ribu untuk menukarkan pecahan Rp5.000

- Siapkan uang Rp200 ribu untuk menukarkan pecahan Rp2.000

- Siapkan uang Rp100 ribu untuk menukarkan pecahan Rp1.000

Demikian informasi terkait tukar uang baru sebagai bagian dari tradisi lebaran. Selamat menukar uang, mudik, dan lebaran.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"