Tugu Khatulistiwa yang Tersebar di Berbagai Negara Sebagai Penanda Garis Imajiner

Tugu Khatulistiwa yang Tersebar di Berbagai Negara Sebagai Penanda Garis Imajiner

Garis khatulistiwa merupakan garis imajiner yang membagi Bumi menjadi dua. Yaitu belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan. Fungsinya untuk memudahkan navigasi dan perhitungan pergerakan Matahari setiap musimnya.

Indonesia termasuk negara yang dilewati garis khatulistiwa. Bahkan negara kita ini menjadi negara yang dilewati garis tersebut terpanjang jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Untuk menandai lokasi garis imajiner tersebut, di beberapa tempat di sejumlah dibangun tugu khatulistiwa. Yuk tengok seperti apa bangunan penanda tersebut gengs.

1. Pontianak, Indonesia

1. Pontianak, Indonesia Tugu khatulistiwa yang tersebar di beberapa negara (ksmtour.com)

Tugu ini dibangun pertama kali pada tahun 1928, tugu ini terus mengalami renovasi sehingga bentuk terakhirnya menjadi bentuk kubah dengan tugu replika yang lebih besar daripada tugu asli yang berada di dalam kubah. 

Tugu replika terdiri dari empat tonggak kayu belian dan di atasnya terdapat lingkaran yang terdapat tulisan berbahasa Belanda yaitu "Evenaar" yang berarti "ekuator", serta anak panah penunjuk arah.

2. Quito, Ekuador

2. Quito, Ekuador Tugu khatulistiwa yang tersebar di beberapa negara (andbeyond.com)

Tugu yang dibangun pada tahun 1936 ini memiliki tinggi 30 meter dan di atasnya terdapat patung berbentuk globe. Tepat di tengah tubuh tugu, terdapat garis kuning yang menjadi batas antara utara dan selatan.

Di sekitar tugu ini juga diubah menjadi taman yang cantik. Warga atau wisatawan setempat kerap mengunjungi tugu khatulistiwa di Quito hanya untuk berfoto.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"