Tuai kontroversi hingga minta maaf, Drakor Mr. Queen, Tetap Raih Rating Tinggi

Tuai kontroversi hingga minta maaf, Drakor Mr. Queen, Tetap Raih Rating Tinggi

Mr. Queen adalah salah satu drama korea on going yang sedang naik daun belakangan ini. Tayang mulai 12 Desember lalu di tvN, drama Korea (drakor) Mr. Queen ternyata menuai pro dan kontra. 

Ada sebagian netizen yang menilai Mr. Queen menghibur dengan aksi komedinya, namun ada juga yang menganggap alur komedi tersebut tak pantas karena bertema kerajaan dengan cerita tokoh nyata. 

Menurut Nielsen Korea, rating episode pertama drama ini berhasil menembus angka rata-rata nasional 8,0 dan puncak 9,9 persen. Bahkan untuk area Seoul, ratingnya mencapai 11,0 persen. 

Drama Mr. Queen (celebrity.okezone.com)

Berdasarkan rating tersebut, Mr. Queen berhasil menduduki tempat pertama dari seluruh saluran televisi kabel. Mr. Queen juga berhasil melampaui rating penayangan perdana drama pendahulunya, yaitu Start-Up. 

Drama yang diperankan Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun ini juga menempati peringkat penonton kedua tertinggi untuk drama akhir pekan tvN, setelah Mr. Sunshine (2018). 

Dianggap lecehkan sejarah Korea Mr. Queen bercerita seputar seorang pria dari zaman modern yang terlibat dalam sebuah insiden dan ketika bangun, menyadari jiwanya terjebak dalam tubuh ratu di dinasti Joseon. 

Drama ini juga berdasar pada web drama asli Tiongkok, Go Princess Go yang diadaptasi dari novel China karya Xian Chen. 

Seorang netizen menuduh Xian Chen pernah bersikap rasis terhadap orang Korea. Netizen itu mengatakan dalam karya lainnya, Xian Chen juga berulang kali menggunakan kalimat slang untuk menghina orang Korea. 

Setelah episode 2 tayang, netizen Korea menganggap pula drama ini menghina dan mengubahnya sejarah dengan tidak bertanggung jawab. Contohnya ketika adegan ratu dituduh melakukan seksualisasi terhadap catatan sejarah terkait hubungan dalam keluarga kerajaan. 

Di sisi lain, drama tersebut memasukkan komentar bercanda tentang ritual leluhur kerajaan di Kuil Jongmyo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Dalam adegan lain, sebuah rumah pelacur disebut dengan satir mengolok-olok kontroversi "Burning Sun" yang sempat heboh beberapa waktu lalu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"