Triads vs Yakuza, dan Beberapa Kelompok Kriminal Terbesar Lainnya di Dunia

Triads vs Yakuza, dan Beberapa Kelompok Kriminal Terbesar Lainnya di Dunia

Triads versus Yakuza, siapa yang menang hayo? Ya nggak tau juga sih, soalnya mungkin mereka belom pernah ketemu. Ya gak tau juga sih hehehe.

Yang pasti, baik Triads maupun Yakuza adalah dua kelompok kriminal terbesar di dunia. Yakuza, sebagaimana kita ketahui, hidup dan 'mengamankan' Negeri Matahari Terbit, Jepang. 

Katanya sih, gangster ini yang paling terkenal di dunia hingga saat ini. Kejam dan gak kenal ampun kalo udah berurusan sama mereka.

Tapi apa cuma Yakuza doang nih kelompok kriminal terbesar di dunia? Eits, jangan salah, soalnya banyak loh kelompok kriminal terbesar lainnya di dunia ini. Simak kuy apa aja.

1. Triads, Cina

1. Triads, Cina Waduh, anggota geng Triads banyak banget yak di dunia (mothership.sg)

Triads merupakan sebuah istilah yang menggambarkan banyak kelompok kejahatan yang terorganisir. Kelompok ini bermula di Cina dan berkembang ke Taiwan, Hong Kong, hingga Singapura.

Gak cuman di sana, Triads ternyata juga berkembang hingga Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru loh. Beberapa negara lain juga ada kok.

Jika seluruh anggota Triads bersatu, kabarnya bisa mencapai 2,5 juta orang. Triads juga terbagi menjadi banyak sekali kelompok. Lima bagian terbesar di antaranya adalah Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Ye-on, 14K atau Sap Sie Kie, dan Luen.

Wo Shing Wo adalah organisasi tertua dalam kelompok besar tersebut. Kabarnya, mereka berdiri sejak tahun 1930-an silam. Kejahatan transnasional yang dilakukan Triads meliputi pemalsuan uang, perdagangan narkotika, hingga penyelundupan manusia.

Pemerintah AS pernah mencatat bahwa pada 2013 lalu, ada 100 ribu warga Cina yang diselundupkan ke AS oleh Triads. Mereka dipaksa bekerja oleh Triads untuk melunasi utang-utangnya.

2. Mafia Sisilia, Italia

2. Mafia Sisilia, Italia Jadi inget film The Godfather yak (npr.org)

Siapa sangka kalo Negeri Pizza ini juga punya kelompok kriminal. Ya ada sih emang, dan mereka tinggal di Sisilia, sebuah pulau besar di Italia selatan. 

Seperti halnya Triads dan Yakuza, Mafia Sisilia ini terdiri dari beberapa klan geng kriminal yang awalnya adalah satu keluarga. Pengaruh mafia Sisilia ini juga terus berkembang.

Hingga akhir 1970-an, mafia Sisilia merupakan kelompok paling berpengaruh dan mengendalikan perdagangan narkoba di seluruh dunia. Namun begitu memasuki abad 21, mafia ini melemah karena banyak anggota klan mafia ini ditangkap.

Akan tetapi, kini mereka masih aktif dan bergerak dengan visi yang sama.

3. Mafia Rusia

3. Mafia Rusia Ilustrasi mafia di Rusia (rbth.com)

Mafia Rusia juga 11-12 lah sama mafia Sisilia. Mafia di Rusia, menurut seorang profesor kriminologi di Universitas Oxford, terbagi menjadi 10 klan yang memiliki wilayah kekuasaannya sendiri-sendiri.

Mereka memiliki satu dewan yang terdiri dari 12 orang. Nah, dewan itulah yang mengatur dan menjalankan aktivitas gengs kriminal di Rusia. Kabarnya juga nih, mafia Rusia itu memiliki anggota hingga 9.000-an orang gengs!

Dalam kiprahnya, mereka telah terlibat dalam perdagangan narkoba hingga penyelundupan manusia. Mafia Rusia ini juga memiliki peran besar dalam penyebaran heroin dari Afganistan.

4. Sinaloa, Meksiko

4. Sinaloa, Meksiko Yak, ini salah satu anggota kartel Sinaloa yang ketangkep gengs (nytimes.com)

Sinaloa adalah nama mafia terbesar di Meksiko. Mereka adalah penghubung paling penting dalam perdagangan narkotika antara Amerika Selatan dan Amerika Serikat. Tahun lalu, kartel Sinaloa adalah penyelundup paling aktif ke Amerika Serikat.

Sinaloa mengendalikan sekitar 60 persen konsumsi narkotika di AS. Konsumsi narkotika di AS sendiri bahkan mencapai 100 miliar dollar AS per tahunnya. Washington Post melaporkn bahwa antara tahun 1990 dan 2008, Sinaloa berhasil menyelundupkan hingga 200 ton kokain ke AS.

Nah, itu dia deh deretan kelompok kriminal terbesar di dunia. Jadi nggak cuman Triads vs Yakuza doang ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"