Tragedi Bhopal: Terlepaskannya Gas Metil Isosianat

Tragedi Bhopal: Terlepaskannya Gas Metil Isosianat

Kebocoran gas Bhopal yang menewaskan sedikitnya 2.000 orang. Korban lain sebanyak 200.000 terluka. Kecelakaan ini terjadi karena kesalahan operasi, kesalahan desain, kegagalan pemeliharaan, kekurangan pelatihan, dan tindakan ekonomi yang membahayakan keselamatan.

Gini Kisah dari Tragedi Bhopal: Terlepaskannya Gas Metil Isosianat

Kebocoran gas metil isosianat beracun 3 Desember di pabrik Union Carbide di pusat kota Bhopal di India tengah merupakan bencana industri terburuk dalam sejarah.

Bekas ledakan pabrik (medium.com)

Penyelidikan kasus ini melibatkan lebih dari 100 wawancara di Bhopal, New Delhi, Bombay, New York, Washington, Danbury, Conn., dan Institute, W. Va. Demi mendapatkan informasi Tragedi Bhopal: Terlepaskannya Gas Metil Isosianat. 

Sulit sekali mencari informasi mengenai kecelakaan besar ini. Eksekutif Union Carbide India Ltd., yang mengoperasikan pabrik, enggan menjawab pertanyaan tentang tanggung jawab atas tragedi itu. Direktur pelaksana perusahaan India menolak untuk membicarakan perincian kecelakaan atau kondisi yang menyebabkannya.

Dikutip dari Nytimes.com, hasil investigasi Times menghasilkan bukti setidaknya 10 pelanggaran prosedur standar dari kedua perusahaan induk dan anak perusahaan yang dikelola India.

Sebuah ulasan oleh The Times dari beberapa dokumen perusahaan dan wawancara dengan para ahli kimia, pekerja pabrik, pejabat perusahaan dan mantan pejabat mengungkapkan penyimpangan di Tragedi Bhopal: terlepaskannya gas metil isosianat.

Korban tragedi Bhopal (pulitzercenter.org)

Karyawan menemukan kebocoran awal metil isosianat pada 11:30 P.M. pada 2 Desember. Tapi dikatakan hanya berupa kebocoran air oleh petugas perusahaan. Dalam satu jam berikutnya atau lebih, reaksi yang terjadi dalam tangki penyimpanan menjadi tidak terkendali.

Beberapa bulan sebelum kecelakaan, karyawan pabrik mengatakan, manajer menutup unit pendingin yang dirancang untuk menjaga agar metil isosianat tetap dingin dan menghambat reaksi kimia. Penutupan itu merupakan pelanggaran prosedur pabrik.

Kebocoran dimulai sekitar dua jam setelah seorang pekerja yang pelatihannya tidak memenuhi standar asli pabrik diperintahkan oleh penyelia pemula untuk mencuci pipa yang belum tersegel dengan baik. 

Lanjut lagi tentang Tragedi Bhopal: terlepaskannya gas metil isosianat.  Tiga sistem keselamatan utama, setidaknya dua di antaranya, kata para pakar teknis, dibangun sesuai dengan spesifikasi yang dibuat untuk pabrik Union Carbide di Institute, W. Va., tidak dapat mengatasi kondisi yang ada pada malam kecelakaan itu. Selain itu, salah satu sistem sudah tidak bisa beroperasi selama beberapa hari, dan yang kedua sudah tidak beroperasi untuk pemeliharaan selama beberapa minggu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"