Tongkat Berbentuk Ular Berusia 4.400 Tahun, Diduga Milik Seorang Dukun

Tongkat Berbentuk Ular Berusia 4.400 Tahun, Diduga Milik Seorang Dukun

Penemuan tongkat kayu yang diukir dalam bentuk ular ditemukan di sebuah danau, di barat daya Finlandia. Diperkirakan usia tongkat kayu tersebut adalah sekitar 4.400 tahun. Tongkat itu kemungkinan digunakan oleh seorang dukun untuk tujuan mistis.

Tongkat dukun berbentuk ular. [Antiquity]

"Saya telah melihat banyak hal sebagai arkeolog, tetapi penemuan ini membuat saya benar-benar tidak bisa berkata-kata dan merinding," kata Satu Koivisto, ilmuwan di University of Turku, dikutip dari Live Science.

Tongkat yang ditemukan di situs Javensuo itu memiliki panjang 53 cm dan tebal 2,5 cm. Menurut para ilmuwan, bentuk tongkat tersebut terlihat sangat natural dan menyerupai ular rumput.

Hipotesis awal menunjukkan tongkat berbentuk ular itu digunakan dalam bidang keagamaan. Karena dalam catatan sejarah, ular sangat dekat dengan simbolis kosmologi Finno-Ugric dan Sami. Lalu juga ada keyakinan tentang dukun yang bisa berubah menjadi ular.

Namun artefak itu dibuat jauh sebelum orang Finlandia mulai membuat catatan tertulis. Para ilmuwan tidak bisa memastikan apakan orang-orang memiliki kepercayaan yang sama sekitar 4.400 tahun yang lalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"