Kenapa Finlandia Bisa Jadi Negara Paling Bahagia Selama 7 Kali Berturut-Turut?

Kenapa Finlandia Bisa Jadi Negara Paling Bahagia Selama 7 Kali Berturut-Turut?

Finlandia menduduki peringkat negara paling bahagia di dunia dalam Laporan Kebahagiaan Dunia PBB. Mengapa? Jawabannya berakar pada kepercayaan mendasar yang ada di seluruh masyarakat Finlandia, yang memungkinkan setiap individu merasa aman dan santai. Alasan lainnya adalah kedekatan mereka dengan alam.

Kepercayaan yang Tertanam dalam Masyarakat Finlandia

Landasan bagi Finlandia untuk tetap berada pada posisi #1 dalam hal kebahagiaan dijelaskan oleh tingginya tingkat kepercayaan dan kebebasan dalam masyarakatnya– yang menurut penelitian berkontribusi terhadap kesejahteraan dan produktivitas. Finlandia secara konsisten berada di peringkat terbaik di dunia dalam hal transparansi dan kurangnya korupsi. 

Orang Finlandia cenderung mempercayai tetangganya, pejabat publik, dan pemerintahnya. Finlandia menduduki peringkat tinggi dalam hal kebebasan politik, sipil, dan pers. Selain itu, baik individu maupun institusi mempunyai tingkat kebebasan yang tinggi. 

“Dalam masyarakat yang berfungsi dengan baik, adil dan setara, masyarakat dapat mengurangi rasa khawatir dan berkonsentrasi dalam menjalani kehidupan mereka. Keputusan hidup yang buruk atau nasib buruk tidak selalu berarti tertinggal terlalu jauh. Merasa aman adalah salah satu kebutuhan utama kita dan jika kita tidak aman, kita tidak bisa bersantai dalam kreasi bersama dan inovasi,” jelas Elisabet Lahti, PhD, peneliti psikologi terapan, penulis Gentle Power, dan pendiri Lab Sisu.

Kedekatan dengan Alam Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

Kota Helsinki, ibu kota Finlandia (worlcitiescultureforum.com)

Menurut penelitian Finnish Happiness Institute (FHI), ketika bertanya kepada orang-orang yang tinggal di Finlandia apa yang membuat mereka bahagia, orang Finlandia selalu menyebutkan kedekatannya dengan alam dan peluang yang ditawarkannya untuk rekreasi dan relaksasi. 

Di Finlandia, kamu hanya perlu berjalan kaki 10 menit dari taman atau hutan. Air bersih, udara yang tidak tercemar, dan alam yang masih alami berkontribusi besar terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan, serta memupuk kreativitas masyarakat di sana.

Wah, pantesan aja peringkat satu negara terbahagi. Orang minim korupsi, udaranya bersih, alamnya indah, dan semua warga masyarakatnya saling percaya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"