Tokoh-tokoh dari Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri

Tokoh-tokoh dari Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri

Sejumlah tokoh Indonesia telah diresmikan sebagai nama jalan di beberapa negara di dunia. Hal ini menandakan kehebatan dan prestasi tokoh-tokoh Indonesia tersebut di mata dunia.

Baru-baru ini, nama tokoh Indonesia terbaru yang dijadikan nama jalan adalah Presiden RI Joko Widodo. Tapi jauh sebelum Jokowi, ada beberapa nama tokoh Indonesia lainnya yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

Inilah tokoh-tokoh dari Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri.

#1 Jalan Soekarno

#1 Jalan Soekarno Avenue Soekarno di Rabat, Maroko (goodnewsfromindonesia.id)


Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah dunia. Namanya dikenal hingga ke mancanegara. Saking hebatnya Soekarno, namanya pun diabadikan sebagai nama jalan di beberapa negara.

Soekarno diabadikan sebagai nama jalan yaitu Avenue Soekarno di Rabat, Maroko. Tepatnya di depan Bank Al-Maghreb. Pengabadian nama Soekarno sebagai nama jalan ini karena Maroko sangat berutang budi kepada Soekarno dan Indonesia. 

Maroko hadir dalam Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Tahun 1956, Maroko berhasil merdeka dari penjajahan. Kemudian Soekarno pun bertandang ke Maroko pada Mei 1960 sebagai kunjungan kenegaraan pertama untuk Maroko.

Selain Maroko, nama Soekarno juga tercatat sebagai nama jalan 'Ahmed Soekarno' di Kairo, Mesir. Selain itu ada juga Soekarno Road di Peshawar, Pakistan. Nama Soekarno sangat dikenal di masing-masing negara itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"