Tips Mengatur Keuangan Pribadi ala Orang Sukses, Mau? Mulai dari Sekarang yuk!

Tips Mengatur Keuangan Pribadi ala Orang Sukses, Mau? Mulai dari Sekarang yuk!

Tips mengatur keuangan pribadi ini bisa kamu terapkan mulai sekarang. Cara orang-orang sukses dalam mengelola pengeluaran bisa jadi inspirasi. Yuk, awali dari saat ini!

Orang yang bergaji kecil atau tinggi sama-sama punya kemungkinan untuk nggak sukses dalam mengelola keuangan. Pun dengan sebaliknya, menjadi orang sukses bisa dicapai oleh siapa saja. Nggak peduli seberapa pendapatan yang didapatkan. Artinya, tips mengatur keuangan pribadi ini berlaku bagi setiap tingkat penghasilan. 

Dalam menjalankan tips mengatur keuangan pribadi, terdapat beberapa prinsip yang mesti dipegang. Mengatur keuangan pribadi sebaiknya dilakukan dengan konsisten dan disiplin. Siap untuk mempraktikkannya? Yuk, disimak.

1. Menyusun rencana

Rencana pengeluaran diibaratkan peta. Jika nggak punya kebiasaan untuk membuat rencana, seringkali jadi lebih boros. Keperluan yang nggak urgent jadi dirasa penting dan bergegas menghabiskan uang untuk membeli hal yang nggak perlu. Membuat rencana ke depan sangat diperlukan. Karena rencana berorientasi kedepan, artinya pola pikir nggak terbatas pada sekarang. 

Pola pikir pendek tersebut bisa membuat kacau pengelolaan keuangan. Karena nggak ada yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan, maka berpijak pada rencana dan disiplin menjalaninya adalah satu tips untuk mengelola keuangan pribadi. 

Uang koin (123rf.com)

Jack Ma mempunyai pola pikir untuk membuat perencanaan dan persiapan membuka peluang usaha pribadi. Hasilnya, ia dikenal sebagai salah satu orang terkaya didunia. Usaha membuka pasar online dibaca sebagai peluang besar untuk masa depan. Dari usahanya, pasar online yang ia bangun tersebut menjadi perusahaan terbesar dunia. 

2. Menggunakan uang dibawah pendapatan

Tips mengatur keuangan pribadi yang kedua ini susah dilakukan jika tanpa rencana. Jika tanpa rencana, kita cenderung menghabiskan uang berdasarkan keinginan semata. Padahal, jika dipikir-pikir, nggak perlu juga mengeluarkan uang yang terlampau besar untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan.

Menuruti keinginan dibanding kebutuhan berakibat 'lebih besar pasak daripada tiang'. Seorang investor kondang dari Amerika Serikat, Warren Buffet, membiasakan untuk membatasi pengeluaran. Menurutnya, menabung itu dilakukan setelah habis gajian. Bukan menabung uang yang tersisa diakhir bulan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"