Tips Me Time bagi Para Ibu Baru! Nggak Perlu Lama, Cukup 5 Menit Bisa Efektif untuk Cegah Stres

Tips Me Time bagi Para Ibu Baru! Nggak Perlu Lama, Cukup 5 Menit Bisa Efektif untuk Cegah Stres

Di tengah kesibukan mengurus rumah dan anak, seorang ibu juga membutuhkan me time atau waktu untuk diri sendiri biar tetap waras. Tujuannya adalah agar ibu agar tidak merasa stres dan dapat menjalani hari dengan lebih tenang. Namun, banyak ibu yang kesulitan mendapatkannya. Kalau pun bisa, tak sedikit yang tidak memanfaatkannya dengan optimal.

Setelah menikah dan punya anak, kehidupan seorang wanita sudah pasti akan berubah. Banyak ibu baru yang stres dan akhirnya tertekan karena nggak bisa menjalankan hak dan kewajiban secara beriringan. Belum lagi cibiran dari lingkungan sekitar yang makin bikin kuping panas. Abaikan aja deh hal yang satu ini!

Lalu, bagaimana cara mendapatkan me time yang maksimal? Simak ulasan berikut ya, Bunda!

Menanggapi hal tersebut, Muara D. Makarim, seorang NLP-Certified Life Coach, memberikan beberapa tips agar me time seorang ibu bisa efektif meski hanya lima menit.

Ilustrasi Me Time bagi Para Ibu (Ibupedia)

"Untuk benar-benar me time, idealnya 30 menit. Tapi kalau anaknya masih bayi, sungguh dimengerti bahwa ini susah sekali. Tapi ibu tetap bisa lakukan minimal lima menit sehari," kata Muara.

Sebelum anak dan suami bangun, ibu bisa bangun lebih cepat lima menit. Manfaatkan waktu itu, jangan cek handphone dulu apalagi bermain media sosial atau chat dengan teman. Dalam waktu lima menit, ibu harus fokus pada diri sendiri dan membuat jurnal dengan menuliskan empat hal.

Pertama, apresiasi diri dengan menuliskan kelebihan yang dimiliki.

"Kelebihan apa yang kita cintai dan sering dipuji orang lain? Misalnya, saya supermom, saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak, saya cantik, saya friendly. Pujilah diri sendiri," tutur Muara.

Kedua, apresiasi terhadap hidup dengan menuliskan hal-hal yang bisa disyukuri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"