Tips dan Trik Cara Cepat Mengfahal Pelajaran Dalam Waktu Singkat, Cocok Buat Sekolah Tatap Muka!

Tips dan Trik Cara Cepat Mengfahal Pelajaran Dalam Waktu Singkat, Cocok Buat Sekolah Tatap Muka!

Tidak dapat dipungkiri, meskipun memahami lebih baik dari menghafal ada beberapa persoalan yang memang harus dihafalkan, misalnya rumus persamaan fisika, atau nomor valensi dari suatu atom.

Kemampuan menghafal yang baik tentunya akan menolong dalam kehidupan sehari-hari, entah itu untuk menghadapi ujian sekolah, materi presentasi di kampus, proposal ketika memulai bisnis, dan lain sebagainya.

Cara paling sederhana dari menghafal adalah membaca secara berulang kali agar hafalan menancap di dalam ingatan kita, namun metode ini terlepas dari kesederhanaannya sering menyita waktu dan tenaga.

Lalu bagaimana sih cara hafalan yang efektif?, mari kita simak penjelasan berikut.

1. Menulis tangan

https://catatanmini.com/

Menghafal dengan cara menulis ulang apa yang sedang kita hafalkan dianggap efektif, Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebutkan kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

Penjelasan ilmiah dari fenomena ini adalah, karena ketika menulis otak akan terorganisir dengan rapi, sehingga otak lebih mudah merekam hal yang ditulis oleh tangan.

2. Mind map



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"