Tips Bersihkan Rumah Saat ART Mudik Lebaran

Tips Bersihkan Rumah Saat ART Mudik Lebaran

Asisten rumah tangga atau ART biasanya mudik saat Lebaran. Lama para ART mudik dalam jangka waktu lama, bahkan ada yang sampai sebulan. Makanya “majikan” biasanya akan memikirkan bagaimana membersihkan rumah tanpa bantuan ART. Berikut tips bersihkan rumah saat ART mudik Lebaran.

Bagi Pekerjaan dengan Anggota Keluarga Lain

Dalam kesehariannya pekerjaan ART di rumah cukup banyak. ART biasanya mencuci pakaian, menyetrika pakaian, memasak, menyapu, mengepel, hingga membersihkan pekarangan di rumah. Tentu jika semua dilakukan sendirian akan cukup berat loh.

Makanya cara efektif untuk dilakukan adalah dengan membagi pekerjaan itu dengan anggota keluarga lain. Inilah yang harus dilakukan anggota keluarga untuk saling bekerja sama. Misalnya suami mencuci dan menyetrika pakaian, sementara istri memasak, dan anak-anak jika sudah beranjak remaja untuk menyapu atau mengepel lantai.

Tips Bersihkan Rumah Saat ART Mudik Lebaran (Enervon)

Buat Perencanaan

Tips bersihkan rumah saat ART mudik Lebaran berikutnya adalah dengan membuat perencanaan. Perencanaan dibuat agar setiap  hari dapat jelas apa yang akan dikerjakan di rumah. Misalnya hari pertama mencuci pakaian, keesokan harinya menyetrika pakaian yang sudah kering, dan seterusnya.

Jangan Tunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah hal yang paling enak. Namun bagaimana jika pekerjaan itu malah jadi menumpuk? Pekerjaan rumah tangga juga disarankan tidak boleh ditunda-tunda. Misalnya pakaian yang sudah berhari-hari disarankan untuk dicuci. 

Kemudian seperti piring yang sudah kotor, disarankan untuk tidak dibiarkan menumpuk di dapur. Sehabis makan usahakan piring-piring kotor segera dicuci. Karena bila urusan rumah tangga ditunda-tunda, dijamin pekerjaan tidak akan selesai dengan cepat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"