Tips Aman Berkendara Jarak Jauh dengan Anak-anak, Biar Selamat Saat Terjadi Kecelakaan

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh dengan Anak-anak, Biar Selamat Saat Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan yang menimpa keluarga Vanessa Angel memang menyedihkan. Apalagi anak  Vanessa yang masih balita menjadi korban luka-luka. Lalu bagaimana sebenarnya tips aman berkendara dengan anak yang benar?

Yang namanya kecelakaan di jalan memang datang secara mendadak, sebagai orangtua harus memperhatikan keselamatan anak dalam mobil, khususnya ketika mobil sedang melaju di jalan tol dalam perjalanan jarak jauh.

1. Gunakan Car Seat

Menggunakan car seat atau tempat duduk khusus untuk si kecil adalah hal yang wajib disiapkan orangtua. Meskipun mengendarai mobil dengan jarak dekat atau jauh pun, si anak harus duduk di car seat. Car seat bisa digunakan untuk anak berusia balita atau maksimal 6 tahun. Car seat bisa melindungi tubuh anak di dalam mobil.

Ilustrasi Anak Duduk di Car Seat

2. Menguatkan Sabuk Pengaman

Jika anak sudah duduk sendiri, usahakan melindungi dengan sabuk pengaman. Saat memasangkan sabuk pengaman, usahakan tali pengaman berbunyi atau menandakan sabuk pengaman sudah kencang, sehingga tubuh 

3. Mengatur Posisi Duduk Anak

Posisi duduk anak harus diperatikan. Posisi duduk anak yang paling aman berada di tengah mobil. Hindari anak duduk sendiri di sebelah sopir atau di kursi depan. Jika si anak duduk di tengah atau belakang, membuat si anak tidak langsung terkena benturan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"