Tiongkok Akan Memiliki Jembatan Panjang yang Terhubung dengan Hong Kong

Tiongkok Akan Memiliki Jembatan Panjang yang Terhubung dengan Hong Kong

Tiongkok sudah punya jembatan terpanjang di dunia dengan total panjang lebih dari 120 kilometer. Jembatan itu menghubungkan kota-kota penting dan memangkas waktu tempuh di pesisir timur negeri Panda. Tapi sekali lagi, negara ini membuat sebuah konstruksi jembatan sepanjang 55 kilometer yang bakal menghubungkan kota besar di sana dengan dua kawasan ekonomi penting di Asia Timur.

Kelak jembatan itu akan menghubungkan daratan Tiongkok dengan Hong Kong dan Makau. Sebagaimana diketahui, dua kawasan itu merupakan kawasan bekas koloni Inggris dan Portugis. Pembangunan jembatan ini juga perlahan bakal mengaburkan batas-batas administratif serta membuka fasilitas imigrasi baru di ketiga wilayah yang terhubung tersebut.

Berbagai kabar menyebutkan bahwa biaya pembangunan jembatan ini menelan milyaran dolar AS. Kendati pembiayaannya melejit dan kembali menuai kritik, Tiongkok mantap untuk segera membangun jalur penghubung tersebut. Di sisi lain, keuntungan bisa saja lari ke dua kawasan ekonomi penting itu alih-alih ke negerinya sendiri.

Jembatan yang diusung Tiongkok ini membutuhkan jumlah baja berkali-kali lipat dari pembangunan menara Eiffel di Perancis. Nantinya jembatan lepas pantai ini juga akan dilalui kereta cepat dan enam jalur kendaraan bermotor. Selain itu, empat pulau buatan juga akan menopang konstruksinya di lepas pantai Tiongkok.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"